Making Indonesia 4.0 By KEMENPERIN

profil Team MAPID

Team MAPID

28/08/2020

Kementrian Perindustrian (Kemenperin) Ditjen IKMA mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang perindustrian dalam pemerintahan. Kali ini MAPID dan Kemenperin bekerja sama untuk memajukan Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) di seluruh Indonesia melalui peta. Caranya adalah dengan memetakan seluruh persebaran IKMA di Indonesia sehingga dapat dianalisa secara tepat bagaimana kondisi setiap IKMA yang ada dan bantuan yang dibutuhkannya. Hal ini dapat membantu Kemenperin dalam memberikan dana pengembangan secara tepat sasaran kepada IKMA di seluruh wilayah Indonesia

FORM MAPID digunakan oleh Kemenperin dalam mendata persebaran IKM di seluruh Indonesia. Tidak hanya persebarannya, tetapi Kemenperin juga dapat mendata kebutuhan-kebutuhan IKMA, kemajuan produksi IKMA, keuntungan IKM, tenaga kerja, dan data lainnya yang dibutuhkan. Dengan begitu, Kemenperin tidak lagi membutuhkan surveyor yang harus secara langsung melakukan survey ke berbagai tempat. Cara seperti ini dapat sangat mengefektifkan sistem pendataan yang dilakukan oleh Kemenperin secara periodik.

Tidak hanya FORM MAPID yang digunakan, Kemenperin juga menggunakan GEO MAPID untuk memantau persebaran IKMA di seluruh Indonesia. Kemenperin juga dapat dengan mudah menganalisa data di dalam platform GEO MAPID ini. Sehingga bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan kepada IKMA dapat dilakukan dengan tepat sasaran.

Saat ini MAPID sedang mengembangkan sistem monitor yang ditanam di setiap provinsi. Nantinya data mengenai IKMA dan DAK yang telah disebarkan dapat dipantau di setiap provinsi. Kami berharap dapat memajukan IKMA yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.