INSIGHT, Terobosan Baru dari MAPID yang Dapat Membantu para Pebisnis di Indonesia!

profil Andhika Hikmareta

Andhika Hikmareta

13/09/2023

Riset selalu menjadi sebuah tantangan terbesar bagi pemilik bisnis untuk menentukan pasar dan lokasi yang tepat. Waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk mengetahui sebuah informasi mengenai lokasi dan target pasar bisa melebihi modal yang dikeluarkan untuk memproduksi produknya sendiri. Banyak perusahaan besar mengalokasikan sebagian besar dananya untuk biaya riset. Dengan biaya yang besar, hasil yang diharapkan dapat sesuai dengan ekspektasi dan dapat memenuhi kebutuhan pasar. Jika hasil sesuai dengan ekspektasi, bagaimana dengan waktu? Apakah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan riset dapat dipangkas? Belum tentu.

Apa itu Insight MAPID?

Pada dasarnya, Insight MAPID adalah sebuah fitur yang dapat membantu pemilik bisnis dalam mengambil keputusan bisnisnya. Baik dalam penentuan lokasi untuk ekspansi, maupun penentuan pasar yang tepat untuk bisnisnya.

Insight MAPID adalah bentuk sederhana dari platform GEO MAPID secara menyeluruh. Kami mengembangkan fitur ini dengan tujuan untuk mempermudah user dalam menganalisis data lokasi. Hanya dengan beberapa klik saja, dan kurang dari satu menit, user dapat melihat hasil analisis data lokasi yang mereka inginkan.

Berikut adalah overview dari fitur terbaru kami, Insight MAPID

Gambar di atas adalah hasil dari analisis setelah user memilih area dan parameter-parameter yang dibutuhkan. Hasil analisis ini adalah merupakan hasil dari ramuan formula yang dibuat oleh tim bisnis dan tim data MAPID.

Bagaimana cara mengoperasikan fitur Insight MAPID? Berikut ini penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menggunakan Insight MAPID.

  1. 1.
    Pastikan Anda sudah masuk ke dalam geo.mapid.io.

2. Setelah itu, Anda wajib untuk login atau signup (jika belum memiliki akun) untuk mengakses Insight MAPID.

3. Lalu, klik Insight yang terletak di paling atas side bar sebelah kiri

4. Kemudian Anda akan diarahkan ke laman Insight MAPID. Tampilannya sebagai berikut.

5. Anda dapat mencari lokasi yang Anda inginkan melalui kolom pencarian lokasi. Anda dapat mengetik lokasi yang Anda inginkan, atau mencarinya sesuai level administrasi yang sudah ditentukan oleh MAPID.

6. Kemudian Anda dapat memilih parameter-parameter lokasi yang Anda inginkan. Anda dapat memilih beberapa dari parameter berikut, atau anda dapat memilih semua dengan mengklik centang ALL.

7. Pada gambar tersebut, Anda juga dapat memilih parameter yang lebih spesifik dengan cara mengklik tombol perbesar hitam yang ada di bagian pojok kiri atas. Lalu akan muncul modal seperti ini. Modal ini bertujuan untuk memilih data lokasi yang lebih spesifik. Anda dapat mengklik tombol panah arah ke bawah yang ada di setiap kotak untuk melihat pilihan lebih lanjut.

8. Pilih parameter yang Anda inginkan. Pilihlah parameter-parameter yang sesuai dengan jenis bisnis yang sedang Anda jalani sekarang.

9. Lalu klik tombol Cari Data untuk melihat hasil analisis yang dari parameter yang sudah Anda pilih.

10. Jika Anda belum berlangganan di MAPID sebelumnya, maka tombol Cari data akan berwarna abu-abu dan akan keluar pilihan seperti ini.

11. Anda dapat memilih pilih lisensi untuk berlangganan MAPID dan dapat mengakses semua fitur-fitur yang disediakan oleh MAPID. Atau Anda dapat memilih beli kuota akses untuk dapat mengakses hanya fitur Insight saja.

12. Ketika Anda memilih untuk membeli kuota akses, maka akan tertampil modal seperti ini. Anda dipersilahkan untuk memilih kuota akses sesuai dengan kebutuhan Anda.

13. Kemudian hasil akan keluar seperti ini

14. Lalu pada sidebar sebelah kiri, ada sedikit narasi yang kami buat untuk membantu menganalisis hasil pilihan Anda

Itu adalah hasil dari analisis fitur Insight. Untuk merasakan langsung pengalaman dalam menganalisis data lokasi, kunjungi geo.mapid.io dan daftarkan dirimu sekarang.