Mengenal Location Intelligence dan Manfaatnya untuk Bisnis

profil Dwi Suhyar

Dwi Suhyar

03/05/2024

Mengenal Location Intelligence dan Manfaatnya untuk Bisnis

Di era teknologi yang semakin maju, kemampuan sebuah teknologi dalam memecahkan beragam masalah turut semakin mutakhir. Berbagai bidang ilmu digabungkan dan menghasilkan insight bernilai untuk pemecahan suatu masalah. Salah satu industri yang penting dan mulai naik daun akibat kemutakhiran teknologi adalah kecerdasan lokasi atau location intelligence (LI). location intelligence hadir untuk menjawab berbagai tantangan terkait bidang geospasial dan dampaknya bagi industri.

Sejauh ini mungkin kita melihat location intelligence sebagai sebuah teknologi yang hanya dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi yang terlibat pada perencanaan tata ruang dan wilayah ataupun konstruksi. Namun dalam praktiknya, secara global teknologi ini sudah diadopsi beragam industri mulai dari industri ritel, FnB, transportasi dan logistik, perbankan dan layanan keuangan, kesehatan masyarakat, pertanian, dan lainnya. Penggunaan teknologi tersebut bukan tanpa alasan, location intelligence membantu beragam industri untuk menghasilkan informasi suatu lokasi atau wilayah yang sedang diamati. Apa itu location intelligence, bagaimana LI bekerja, dan mengapa hal tersebut penting? Simak informasi lengkapnya pada artikel ini!

Apa itu Location Intelligence?

Ada beberapa pengertian dari location intelligence. David Loshin secara garis besar mendefinisikannya sebagai

"set of tools and methods that interrelates geographic information to business data, to identify patterns and relationships for decision-making that otherwise may be complex to operate with without a spatial representation" (Jensen et al., 2014)

Singkatnya, location intelligence merupakan sebuah metode untuk menganalisis data geospasial guna menghasilkan insight yang bernilai bagi pembuatan keputusan dan produktivitas bisnis. David Loshin menjabarkan bahwa location intelligence menggabungkan analisis objek seperti perusahaan, point of interest (POI) atau wilayah geografis dengan data atribut mereka seperti umur, rata-rata pemasukan, social economic status (SES), pendidikan, hingga rata-rata jarak mengemudi untuk menginformasikan pengambilan keputusan guna efisiensi operasional perusahaan, pertumbuhan pendapatan, atau strategi manajemin yang efektif.

Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa location intelligence erat kaitannya dengan bisnis dan efektivitasnya. Di Indonesia, pemanfaatan teknologi tersebut mulai meningkat pada beragam industri. Banyak perusahaan dan organisasi memaksimalkan usaha pembuatan keputusan mereka dengan informasi yang dihasilkan dari location intelligence. Hal tersebut berdampak pada kualitas keputusan atau output yang dihasilkan karena selama proses pembuatan keputusan didasarkan pada fakta. Proses pembuatan keputusan dilakukan secara data-driven, bukan insting semata.

Mengapa Location Intelligence Sangat Penting?

Location intelligence memiliki beragam aplikasi yang berguna bagi masing-masing industri. Melihat perkembangannya dari waktu ke waktu, manfaat teknologi ini kian krusial bagi kelangsungan bisnis atau organisasi.

Pada tahun 2020, perusahaan konsultan terkemuka, Boston Consulting Group (BCG) melakukan survei kepada lebih dari 500 executives perusahaan dari industri finansial, retail dan E-commerce, transportasi dan logistik, real estate, serta pariwisata di Amerika, Inggris, Singapura, dan India.

Hasil survey menyatakan 95% executive mengaku bahwa mapping dan data geospasial sangat krusial bagi mencapai target bisnis. Sebanyak 91% bahkan lanjut menjelaskan bahwa location intelligence akan sangat esensial bagi kelangsungan bisnis dalam 3- 5 tahun kedepan (2023-2025).

Lebih jauh, survey lebih dari separuh responden memiliki keterlibatan petinggi eksekutif (C-level) dalam pengambilan keputusan terkait penggunaan location intelligence. Hal ini semakin menegaskan betapa pentingnya kecerdasan lokasi bagi banyak bisnis saat ini. Hasil tersebut dapat menjadi refleksi bagi para stakeholder dalam melibatkan location intelligence dala pembuatan keputusan strategi organisasi atau bisnisnya. Mengapa location intelligence dapat begitu memberikan dampak bagi perusahaan dan organisasi? Informasi demografi dan preferensi pelanggan yang mendalam dikombinasikan dengan mapping dan data geospasial memberikan perusahaan pemahaman yang optimal terkait konsumen dan potensial bisnis.

Manfaat Location Intelligence untuk Industri

Ketersediaan informasi merupakan hal yang sangat penting bagi organisasi dan perusahaan. Melihat bagaimana peran data yang krusial bagi perusahaan, aman jika menyimpulkan bahwa location intelligence yaitu, metode untuk memperoleh insight dari visualisasi dan analisis data geospasial mempunyai peran besar bagi perusahaan pada beragam industri. Pada dasarnya, setiap industri yang berhubungan dengan konsumen dan lokasi dapat mendapat manfaat besar dari location intelligence. Namun, saat ini LI banyak digunakan pada industri bank dan keuangan, industrial state, retail, dan FMCG.

  1. 1.
    Manfaat Location Intelligence Bagi Perusahaan Bank dan Layanan Keuangan:

Salah satu hal penting bagi perusahaan bank dan layanan keuangan adalah memastikan mereka memberikan layanan digital dan fisik (tempat) secara maksimal kepada konsumen. Layanan yang buruk akibat perencaan yang tidak efektif dapat memberikan kerugian besar pada perusahaan. Kesalahan dalam mengalokasikan usaha yang dilakukan cukup banyak terjadi pada industri ini. Di sini peran location intelligence sangat dibutuhkan, contohnya ketika perusahaan ingin membuka cabang baru, perusahaan perlu mengidentifikasi apakah lokasi tersebut sesuai dengan kebutuhan konsumen dan potensial pasar mereka. Identifikasi tersebut dapat dilakukan dengan layering data demografi, SES, maupun data yang dimiliki perusahaan guna menghasilkan informasi yang tepat, informasi yang bernilai bagi pembuatan keputusan.

Manfaat lainnya sebagai berikut:

  • Efektivitas penilaian risiko: Perusahaan dapat mengidentifikasi potensi bencana pada suatu lokasi. Contohnya, apakah tempat tersebut rawan banjir maupun longsor
  • Penempatan ATM yang optimal:, location intelligence dapat secara strategis membantu perusahaan untuk identifikasi penempatan ATM yang efektif
  • Analisis pembiayaan dan investasi yang terarah: memungkinkan membantu lembaga keuangan dalam mengambil keputusan terkait dengan pembiayaan dan investasi. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi regional, permintaan pasar, dan stabilitas politik, dalam mengidentifikasi peluang potensi investasi dan meminimalkan risiko

2. Manfaat Location Intelligence bagi perusahaan real estate

Industri real estate memiliki beragam tantangan tersendiri. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan suatu kawasan. Mulai dari melihat potensi pasar, akses, hingga potensi bencana. Hal- hal tersebut membuat location intelligence sangat esensial digunakan pada industri real estate.

Berikut manfaat location intelligence bagi real estate:

  • Penentuan lokasi yang optimal: location intelligence memberikan analisis mendalam terkait potensi suatu daerah dengan menggunakan data demografi, aksesibilitas, dan kompetisi. Hal tersebut memberikan informasi bernilai bagi para pengembang untuk memilih lokasi yang sesuai untuk investasi
  • Manajemen properti yang efisien: perusahaan dapat memantau dan mengelola properti secara lebih efektif, dari pemeliharaan hingga keamanan, dengan menggunakan data geospasial untuk logistik dan penjadwalan.
  • Analisis risiko bencana alam: menggunakan analisis geospasial dapat memprediksi area yang berpotensi terkena bencana alam seperti banjir hingga longsor, memungkinkan perusahaan untuk mengambil langkah pencegahan atau mempertimbangkan asuransi yang sesuai

3. Manfaat Location Intelligence Bagi Perusahaan FMCG

Location intelligence memiliki peran strategis dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas di industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Berikut adalah beberapa manfaat penting dari pemanfaatan location intelligence dalam sektor ini:

  • Optimasi Distribusi: location intelligence membantu perusahaan FMCG mengoptimalkan rute distribusi dan pengiriman produk. Dengan memahami pola lalu lintas dan kondisi geografis, perusahaan dapat mengurangi waktu pengiriman dan biaya transportasi, LI juga berfungsi memastikan bahwa produk tiba di toko pada waktu yang tepat.
  • Penempatan Produk yang Strategis: location intelligence Menggunakan data geospasial, perusahaan FMCG dapat menentukan lokasi penjualan yang optimal untuk produk tertentu berdasarkan analisis kepadatan penduduk, demografi, dan pola konsumsi. Hal ini memungkinkan penempatan produk yang lebih tepat sasaran dan peningkatan penjualan.
  • Efektivitas Manajemen Inventori: location intelligence Dengan memantau data penjualan real-time dari berbagai lokasi, perusahaan FMCG dapat mengatur persediaan secara lebih efisien, menghindari overstock atau stockout, dan memenuhi permintaan pasar dengan lebih baik

Maksimalkan Organisasi dan Bisnis Anda dengan Location Intelligence

Kita telah membahas apa dan bagaimana location intelligence esensial bagis sebuah perusahaan dan organisasi. Sekarang giliran Anda untuk memaksimalkan kesempatan memanfaatkan location intelligence untuk beragam usaha Anda. MAPID lewat beragam produknya seperti , dan mengoptimalkan location intelligence untuk mendorong produktivitas usaha anda.

Eksplorasi lebih lanjut bagaimana MAPID lewat location intelligence dapat berkolaborasi dengan usaha Anda.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan location intelligence?

location intelligence merupakan sebuah metode untuk menganalisis data geospasial guna menghasilkan insight yang bernilai bagi pembuatan keputusan dan produktivitas bisnis.

2. Manfaat location intelligence?

Manfaat location intelligence bagi perusahaan asuransi, bank, dan keuangan:

  • Efektif dalam penilaian risiko
  • Penempatan ATM yang optimal
  • Analisis pembiayaan dan investiasi yang terarah

Berikut manfaat location intelligence bagi real estate:

  • Penentuan lokasi yang optimal
  • Manajemen properti yang efisien
  • Analisis risiko bencana

Manfaat location intelligence bagi industri FMCG:

  • Optimasi Distribusi
  • Penempatan produk yang strategis
  • Efektivitas manajemen inventori

Referensi

Archacki, R., Hogan, K., Fraser, M., & Georgi, A. (2021). Unlocking Value with Location Intelligence. BCG. https://www.bcg.com/publications/2021/leveraging-location-intelligence-across-industries

Jensen, M., Gutierrez, J., & Pedersen, J. (2014). Location Intelligence Application in Digital Data Activity Dimensioning in Smart Cities. Procedia Computer Science, 36. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050914012642