Jika Pandemi Berakhir...

18/09/2021 • Unggul Widyanarko

Jika Pandemi Berakhir...

Jika Pandemi Berakhir...


Jika Pandemi Berakhir...
Jika Pandemi Berakhir...

Jika Pandemi Berakhir...

Latar Belakang

COVID-19 telah menjadi fenomena yang besar dampaknya terhadap kehidupan. Sejak ditetapkan statusnya sebagai pandemi pada 20 Maret 2020 oleh World Health Organization (WHO) (Cucinotta, 2020), COVID-19 telah menyebar selama hampir dua tahun. Data global pada tanggal 18 September 2021 menunjukkan bahwa sekitar 227,6 juta jiwa terinfeksi dan sekitar 4,7 juta jiwa meninggal akibat virus ini (CDC, 2021). Di Indonesia, COVID-19 menginfeksi 4,2 juta jiwa dan menewaskan 140 ribu jiwa (CDC, 2021). Selama masa pandemi, pemerintah Indonesia telah menetapkan berbagai kebijakan untuk menangani dampak yang disebabkan oleh virus ini.

Kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia antara lain adalah pengurangan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Bentuk pembatasan aktivitas ini ditetapkan dalam berbagai kebijakan, seperti Pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), PPKM mikro, dan PPKM darurat. Dengan kebijakan-kebijakan tersebut, masyarakat tidak boleh keluar rumah tanpa ada kepentingan yang mendesak. Kegiatan sehari-hari seperti bersekolah dan bekerja ditekankan untuk dilakukan dari rumah, dengan memanfaatkan komunikasi jarak jauh. Tempat rekreasi dan rumah makan juga ditutup atau dibatasi jumlah kunjungannya. Kebijakan ini terbukti dapat meminimalkan penyebaran virus, namun juga memiliki efek samping.

Masyarakat mulai mengeluhkan tentang perubahan yang terjadi pada kehidupan sehari-harinya. Kegiatan sekolah atau kerja hampir seluruhnya dilakukan dari rumah. Kegiatan rekreasi yang tadinya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, kini menjadi sangat terbatas. Akibatnya, banyak isu kesehatan mental yang mulai bermunculan, seperti stres, perasaan cemas, dan khawatir. Permasalahan tersebut bersumber dari ketakutan yang dirasakan selama masa pandemi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, hal apa yang paling diinginkan oleh masyarakat jika pandemi berakhir. Setelah hampir dua tahun berada pada situasi pandemi, barangkali muncul kerinduan akan hal-hal yang bisa dilakukan sebelum pandemi datang. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner secara daring di sini:

https://tinyurl.com/jikapandemiberakhir

Hasil

Hasil dari penelitian ini dapat menjadi gambaran untuk menentukan kegiatan apa yang harus diprioritaskan untuk dibuka kembali. Tentunya, dengan protokol kesehatan yang sesuai.

Perolehan data dari survei dapat dilihat pada Proyek Terlampirkan di bagian atas.

Referensi

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia Kesehatan mental selama pandemi Covid-19 WHO Declares COVID-19 a Pandemic COVID Live Update

Data Publications