TRANSISI PANDEMI, MOBILITAS PENUMPANG MRT JAKARTA BERUBAH

17 Oktober 2021

By: MRT JAKARTA

TRANSISI PANDEMI, MOBILITAS PENUMPANG MRT
JAKARTA BERUBAH
Penggunaan moda transportasi MRT menjadi salah satu tren yang baru di Indonesia, namun semua itu berubah setelah datangnya pandemi. Terhitung satu tahun lebih sejak pandemi masuk ke Indonesia mampu mengubah segala aktivitas manusia menjadi terbatas terutama untuk mobilitas ke suatu tempat. Perubahan apa yang terjadi?

Sejak MRT Jakarta dibuka untuk pertama kali di Indonesia, moda transportasi ini menjadi tren baru di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, pandemi Covid-19 mengubah segala aspek kehidupan. Mulai dari perekonomian yang mulai berantakan hingga kegiatan masyarakat juga terganggu. Kebijakan pemerintah telah dikeluarkan, dari penerapan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) hingga PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah DKI Jakarta.

Berawal dari kondisi normal menjadi kondisi yang serba terbatas pergerakannya, tak dipungkiri kondisi ini merambah ke moda transportasi umum, salah satunya MRT Jakarta. Masa pandemi ini membatasi mobilitas masyarakat dan membawa dampak yang besar bagi MRT Jakarta. Jumlah penumpang MRT Jakarta justru mengalami penurunan pada tahun 2020.

TRANSISI PANDEMI, MOBILITAS PENUMPANG MRT
JAKARTA BERUBAH

Perbandingan presentase penumpang sangat signifikan penurunannya, sehingga demi mempersiapkan masa transisi pandemi ke kehidupan new normal, pihak PT MRT Jakarta terus melakukan pembaharuan sesuai anjuran pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menekan penularan Covid-19. Terhitung satu tahun pandemi masuk ke Indonesia, berbagai persiapan menghadapi kehidupan new normal terus dilakukan. Hal ini terbukti setelah penerapan berbagai peraturan yang dianjurkan, mobilitas masyarakat sudah mulai berjalan kembali menggunakan moda transportasi MRT Jakarta.

TRANSISI PANDEMI, MOBILITAS PENUMPANG MRT
JAKARTA BERUBAH

Setelah pelonggaran peraturan PSBB di DKI Jakarta, masyarakat mulai menggunakan kembali MRT Jakarta untuk mobilitasnya. Sejak awal tahun hingga bulan Mei 2021, penumpang MRT Jakarta terus meningkat setiap bulannya.

Ternyata antusiasme masyarakat pengguna MRT Jakarta tidak pudar setelah pandemi ini dan kira – kira kondisi setiap stasiun transit di MRT Jakarta itu seperti apa? Ramai ataukah Sepi?
TRANSISI PANDEMI, MOBILITAS PENUMPANG MRT
JAKARTA BERUBAH TRANSISI PANDEMI, MOBILITAS PENUMPANG MRT
JAKARTA BERUBAH TRANSISI PANDEMI, MOBILITAS PENUMPANG MRT
JAKARTA BERUBAH

Dalam kurun waktu 2 bulan, penumpang MRT Jakarta mengalami peningkatan di setiap stasiun transitnya. Kebanyakan penumpang mengawali perjalanannya di stasiun Bundaran HI (BHI), Bendungan Hilir (BNH), Blok M BCA (BLM), dan Lebak Bulus Grab (LBB). Mobilitas penumpang juga dipengaruhi oleh jam – jam tertentu, dari data MRT Jakarta bahwa kebanyakan penumpang menggunakan MRT saat di jam pulang kerja yaitu sekitar pukul 16.00 WIB.

Hal ini berarti bahwa mobilitas masyarakat di sekitar kawasan transit tersebut sangat tinggi apabila di jam – jam tertentu. Penggunaan MRT Jakarta menjadi salah satu rekomendasi untuk cepat sampai ke tujuan dan terhindar dari kemacetan Jakarta.
Tentunya jangan lupa bagikan aktivitas anda bersama Survei MAPID dan MRT Jakarta!

#SurveiBehaviorPenumpang

#MRTJakarta

#MAPID

#AyoBagikanAktivitasmu

Data Publikasi

Eksplorasi Wisata Jakarta dengan Peta Rencana Wisata

Non Kategori

06 Mei 2025

Ikhda Nurfayza

Eksplorasi Wisata Jakarta dengan Peta Rencana Wisata

6 menit baca

293 dilihat

1 Proyek

Kemudahan Akses Perpustakaan melalui Transportasi Umum di Jakarta

Perencanaan Kota

07 Apr 2025

Annisa Fitri

Kemudahan Akses Perpustakaan melalui Transportasi Umum di Jakarta

Analisis kemudahan akses perpustakaan di Jakarta melalui moda transportasi umum seperti TransJakarta, KRL, LRT, dan MRT.

6 menit baca

344 dilihat

1 Proyek

Mudahnya Eksplorasi Jakarta Dengan Peta Transportasi Publik MAPID

Transportasi

01 Mar 2025

Bagus Imam Darmawan

Mudahnya Eksplorasi Jakarta Dengan Peta Transportasi Publik MAPID

Sebagai founder MAPID, saya sering melakukan perjalanan bisnis dari Bandung ke Jakarta dan selalu mengandalkan transportasi publik. Setiap minggu, ada saja alasan untuk bolak-balik: mulai dari meeting dengan klien hingga menghadiri acara komunitas. Saya menikmati perjalanan dengan bus, kereta api, sampai mencoba kereta cepat terbaru. Namun di balik semua cerita seru di perjalanan, ada satu tantangan yang terus muncul berulang kali: kebingungan memahami jaringan transportasi yang rumit di sepanjang rute Bandung-Jakarta.

11 menit baca

2098 dilihat

1 Proyek

Pemetaan Grid Kerentanan Ekonomi Masyarakat terhadap Wilayah Rawan Bencana Banjir di Jakarta Utara

Perencanaan Kota

07 Mar 2025

Gibson Nainggolan

Pemetaan Grid Kerentanan Ekonomi Masyarakat terhadap Wilayah Rawan Bencana Banjir di Jakarta Utara

Publikasi ini membahas pemetaan Grid Kerentanan Ekonomi terhadap Wilayah Rawan Bencana Banjir di Jakarta Utara menggunakan platform MAPID ID. Dengan location analytics, berbagai sektor ekonomi seperti layanan kesehatan, ritel, industri, dan transportasi dianalisis berdasarkan tingkat risiko banjir. Hasil pemetaan ini memberikan wawasan bagi pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta mitigasi dampak ekonomi akibat banjir.

5 menit baca

807 dilihat

1 Data

1 Proyek

Syarat dan Ketentuan
Pendahuluan
  • MAPID adalah platform yang menyediakan layanan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pengelolaan, visualisasi, dan analisis data geospasial.
  • Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Multi Areal Planing Indonesia, beralamat
  • mapid-ai-maskot