Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

28 October 2021

By: Aulia Rahma

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cita Rasa Oriental

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cita Rasa Indonesia

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji

Open Project

Analisis Bisnis Restoran Sekitar LRT

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta
Teman-teman pasti sudah mendengar tentang LRT, kan? LRT adalah moda transportasi publik dengan kecepatan rata-rata mencapai 90 km/jam. Sebagai fasilitas yang pasti ramai digunakan publik dan bersifat strategis, kawasan sekitar LRT sangat berpotensi untuk menjadi lokasi bisnis. Publikasi ini akan mengulas mengenai bisnis khususnya kuliner apa saja yang cocok untuk dikembangkan di sekitar kawasan LRT.

PENDAHULUAN

Lintas Rel Terpadu Jakarta, atau yang biasa disebut dengan LRT Jakarta, merupakan moda transportasi publik yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan layanan yang dioperasikan oleh badan usaha milik daerah DKI Jakarta, PT LRT Jakarta. Rencana pembangunan LRT Jakarta mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Transportasi Umum di Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan LRT dimulai pada Juni 2016 dan mulai beroperasi penuh pada Desember 2019.

Sampai saat ini, stasiun LRT yang sudah beroperasi adalah Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Jarak dari stasiun awal ke stasiun akhir sekitar ±5,8 km yang dapat ditempuh selama ±13 menit. Kereta LRT Jakarta akan dioperasikan dengan kecepatan rata-rata sekitar 50 km/jam hingga 90 km/jam.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Sebagai fasilitas yang pasti ramai digunakan publik dan bersifat strategis, kawasan sekitar Stasiun LRT sangat berpotensi untuk menjadi lokasi bisnis. Lokasi yang sesuai untuk membuka bisnis dapat ditentukan menggunakan pendekatan spasial melalui analisis kesesuaian. Publikasi ini akan mengulas lokasi mana yang sesuai untuk bisnis kuliner, khususnya restoran cepat saji, restoran cita rasa Indonesia, dan restoran cita rasa Oriental di kawasan stasiun LRT Jakarta.

DATA DAN METODE

Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber. Adapun data yang digunakan dalam analisis ini antara lain:

1. Data Stasiun Jalur dan Stasiun LRT (Sumber: Hasil digitasi manual)

2. Data Badan Jalan (Sumber: Jakarta Satu)

3. Data Batas Administrasi (Sumber: Jakarta Satu)

4. Data RDTR-PZ Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 (Sumber: Jakarta Satu)

5. Data Kepadatan Penduduk (Sumber: Open Data Jakarta)

6. Data Persebaran Pusat Kegiatan (Sumber: Jakarta Satu)

7. Data Persebaran Bisnis Eksisting / Kompetitor (Sumber: Google Maps)

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Pengolahan data dilakukan pembuatan buffer di titik stasiun LRT dengan jarak 800 m, dimana jarak ini dapat ditempuh 10 menit dengan jalan kaki. Selanjutnya dari buffer yang telah dibentuk, dilakukan analisis kesesuaian dengan anggapan:

1. Lokasi tidak terletak di badan jalan,

2. Lokasi berada di dalam zona dengan kawasan peruntukan bisnis/jasa,

3. Lokasi semakin sesuai jika berdekatan dengan titik-titik pusat kegiatan,

4. Lokasi semakin sesuai jika tidak berdekatan dengan titik-titik bisnis eksisting,

5. Lokasi semakin sesuai jika berada di kawasan dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan sebaran bisnis eksisting restoran dengan berbagai macam cita rasa. Wilayah sekitar Stasiun Boulevard Utara memiliki bisnis eksisting restoran yang cenderung lebih banyak dibandingkan stasiun LRT lainnya. Hal ini tentunya akan berpengaruh dengan sebaran luas hasil analisis potensi bisnis restoran nantinya.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Pusat kegiatan seperti sekolah, perkantoran, rumah ibadah, dan pemerintahan juga digunakan sebagai parameter analisis. Semakin dekat dengan pusat kegiatan, target pasar akan semakin luas.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Analisis kesesuaian dengan pendekatan spasial ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam pengambilan keputusan dalam penentuan lokasi bisnis. Untuk hasil peta yang lebih luwes dapat dilihat di Lampiran Project.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Demikian analisis tentang kesesuaian lokasi bisnis restoran, khususnya restoran cepat saji, restoran cita rasa Indonesia, dan restoran cita rasa Oriental. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca!

The application of GIS is limited only by the imagination of those who use it. - Jack Dangermond

Sumber:

Header - https://www.pexels.com/photo/person-holding-sliced-vegetable-2284166/

Data Publications

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang Termasuk pada Zonasi Sekolah A, Kota Bandung

Transportation

07 May 2025

Fajrin Meilani Azzahra Zain

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang Termasuk pada Zonasi Sekolah A, Kota Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterjangkauan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di zona A Kota Bandung, yang meliputi delapan kecamatan dan 22 sekolah, berdasarkan sistem zonasi penerimaan siswa baru. Sistem zonasi, yang diimplementasikan secara penuh sejak 2018, bertujuan meningkatkan pemerataan akses pendidikan dengan menetapkan radius maksimal domisili calon siswa ke sekolah (3 km untuk SMP). Namun, keberadaan siswa di luar radius zonasi dan keterbatasan jangkauan berjalan kaki (maksimal 1,2 km dalam 20 menit berdasarkan kecepatan rata-rata siswa) tetap memunculkan kebutuhan transportasi. Penelitian ini menggunakan analisis isokron dengan batasan waktu tempuh berjalan kaki siswa (5, 10, 15, dan 20 menit) untuk mengevaluasi keterjangkauan sekolah dalam zona A. Hasil analisis isokron ini akan dibandingkan dengan radius zonasi 3 km yang ditetapkan untuk SMP, guna memahami apakah radius tersebut sejalan dengan kemampuan siswa untuk mencapai sekolah dengan berjalan kaki dalam rentang waktu yang wajar. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemenuhan kebutuhan transportasi sekolah siswa SMP di Kota Bandung, khususnya dalam konteks implementasi sistem zonasi.

17 min read

110 view

Analisis Potensi Bencana Alam Banjir Terhadap Kawasan Terbangun Industri Kabupaten Sumbawa

Climate & Disaster

07 May 2025

Ryandana Adi Nugraha

Analisis Potensi Bencana Alam Banjir Terhadap Kawasan Terbangun Industri Kabupaten Sumbawa

Kabupaten Sumbawa terletak pada provinsi Nusa Tenggara Barat. Dilihat dari segi geografis letak Kabupaten Sumbawa terutama Kecamatan sumbawa memiliki potensi sebagai daerah pusat perekonomian yang mana menjadi nilai ekonomis untuk dibangun industri di area tersebut. Namun, daerah tersebut memiliki potensi banjir baik banjir rob ataupun banjir akibat intensitas hujan yang tinggi. Hal ini menjadikan area industri yang berada di Sumbawa dan sekitarnya memiliki potensi untuk terdampak banjir. Meskipun berisiko, bisnis sering memilih untuk berlokasi di daerah rawan banjir karena keuntungan strategis seperti kedekatan dengan bisnis terkait dan fasilitas umum. Manfaat ekonomi dapat lebih besar daripada dampak buruk banjir, sehingga mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi manajemen risiko banjir struktural dan non-struktural (Rwehumbiza 2021).

19 min read

82 view

1 Projects

Analisis Potensi Lokasi Cabang untuk Toko Skincare di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Retail

07 May 2025

Clarisa Nadia

Analisis Potensi Lokasi Cabang untuk Toko Skincare di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

site selection for skincare retail

11 min read

82 view

1 Data

1 Projects

Analisis Lokasi Strategis Iklan Digital Skincare Pria di Kota Bandung Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS)

Consumer Goods

08 May 2025

Naufal Mumtaz

Analisis Lokasi Strategis Iklan Digital Skincare Pria di Kota Bandung Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS)

Strategic Location for Online Marketing of Men's Skincare Products in Bandung City

5 min read

81 view

Terms and Conditions
Introductions
  • MAPID is a platform that provides Geographic Information System (GIS) services for managing, visualizing, and analyzing geospatial data.
  • This platform is owned and operated by PT Multi Areal Planing Indonesia, located at
  • mapid-ai-maskot