Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

28 Oktober 2021

By: Aulia Rahma

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cita Rasa Oriental

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cita Rasa Indonesia

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji

Open Project

Analisis Bisnis Restoran Sekitar LRT

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta
Teman-teman pasti sudah mendengar tentang LRT, kan? LRT adalah moda transportasi publik dengan kecepatan rata-rata mencapai 90 km/jam. Sebagai fasilitas yang pasti ramai digunakan publik dan bersifat strategis, kawasan sekitar LRT sangat berpotensi untuk menjadi lokasi bisnis. Publikasi ini akan mengulas mengenai bisnis khususnya kuliner apa saja yang cocok untuk dikembangkan di sekitar kawasan LRT.

PENDAHULUAN

Lintas Rel Terpadu Jakarta, atau yang biasa disebut dengan LRT Jakarta, merupakan moda transportasi publik yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan layanan yang dioperasikan oleh badan usaha milik daerah DKI Jakarta, PT LRT Jakarta. Rencana pembangunan LRT Jakarta mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Transportasi Umum di Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan LRT dimulai pada Juni 2016 dan mulai beroperasi penuh pada Desember 2019.

Sampai saat ini, stasiun LRT yang sudah beroperasi adalah Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Jarak dari stasiun awal ke stasiun akhir sekitar ±5,8 km yang dapat ditempuh selama ±13 menit. Kereta LRT Jakarta akan dioperasikan dengan kecepatan rata-rata sekitar 50 km/jam hingga 90 km/jam.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Sebagai fasilitas yang pasti ramai digunakan publik dan bersifat strategis, kawasan sekitar Stasiun LRT sangat berpotensi untuk menjadi lokasi bisnis. Lokasi yang sesuai untuk membuka bisnis dapat ditentukan menggunakan pendekatan spasial melalui analisis kesesuaian. Publikasi ini akan mengulas lokasi mana yang sesuai untuk bisnis kuliner, khususnya restoran cepat saji, restoran cita rasa Indonesia, dan restoran cita rasa Oriental di kawasan stasiun LRT Jakarta.

DATA DAN METODE

Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber. Adapun data yang digunakan dalam analisis ini antara lain:

1. Data Stasiun Jalur dan Stasiun LRT (Sumber: Hasil digitasi manual)

2. Data Badan Jalan (Sumber: Jakarta Satu)

3. Data Batas Administrasi (Sumber: Jakarta Satu)

4. Data RDTR-PZ Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 (Sumber: Jakarta Satu)

5. Data Kepadatan Penduduk (Sumber: Open Data Jakarta)

6. Data Persebaran Pusat Kegiatan (Sumber: Jakarta Satu)

7. Data Persebaran Bisnis Eksisting / Kompetitor (Sumber: Google Maps)

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Pengolahan data dilakukan pembuatan buffer di titik stasiun LRT dengan jarak 800 m, dimana jarak ini dapat ditempuh 10 menit dengan jalan kaki. Selanjutnya dari buffer yang telah dibentuk, dilakukan analisis kesesuaian dengan anggapan:

1. Lokasi tidak terletak di badan jalan,

2. Lokasi berada di dalam zona dengan kawasan peruntukan bisnis/jasa,

3. Lokasi semakin sesuai jika berdekatan dengan titik-titik pusat kegiatan,

4. Lokasi semakin sesuai jika tidak berdekatan dengan titik-titik bisnis eksisting,

5. Lokasi semakin sesuai jika berada di kawasan dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan sebaran bisnis eksisting restoran dengan berbagai macam cita rasa. Wilayah sekitar Stasiun Boulevard Utara memiliki bisnis eksisting restoran yang cenderung lebih banyak dibandingkan stasiun LRT lainnya. Hal ini tentunya akan berpengaruh dengan sebaran luas hasil analisis potensi bisnis restoran nantinya.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Pusat kegiatan seperti sekolah, perkantoran, rumah ibadah, dan pemerintahan juga digunakan sebagai parameter analisis. Semakin dekat dengan pusat kegiatan, target pasar akan semakin luas.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Analisis kesesuaian dengan pendekatan spasial ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam pengambilan keputusan dalam penentuan lokasi bisnis. Untuk hasil peta yang lebih luwes dapat dilihat di Lampiran Project.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Demikian analisis tentang kesesuaian lokasi bisnis restoran, khususnya restoran cepat saji, restoran cita rasa Indonesia, dan restoran cita rasa Oriental. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca!

The application of GIS is limited only by the imagination of those who use it. - Jack Dangermond

Sumber:

Header - https://www.pexels.com/photo/person-holding-sliced-vegetable-2284166/

Data Publikasi

Analisis Lokasi Potensial Pengembangan Usaha Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Makanan dan Minuman

31 Jul 2025

Muhammad Dwi Arfian

Analisis Lokasi Potensial Pengembangan Usaha Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Eksplorasi persebaran titik eksisting tempat makan mie ayam dan melihat potensi peluang baru di tengah-tengah persaingan. Artikel ini menyajikan gambaran dan penjelasan singkat terkait bagaimana persebaran dan kepadatan titik eksisting tempat makan mie ayam di Kota Yogyakarta. Selain itu, juga melihat potensi peluang lokasi baru untuk pengembangan usaha mie ayam. Fitur INSIGHT dari GEO MAPID digunakan dalam proses analisis dalam artikel ini.

11 menit baca

141 dilihat

Evaluasi Spasial Pangkalan Gas LPG 3 kg: Analisis Ketersediaan, Jangkauan, dan Potensi Pengembangan di Kecamatan Minggir, Sleman

Rantai Pasokan

30 Jul 2025

Fabiola Larasati

Evaluasi Spasial Pangkalan Gas LPG 3 kg: Analisis Ketersediaan, Jangkauan, dan Potensi Pengembangan di Kecamatan Minggir, Sleman

Penelitian ini mengevaluasi jaringan pangkalan LPG 3 kg di Kecamatan Minggir, wilayah dengan jumlah pangkalan paling sedikit di Kabupaten Sleman. Melalui analisis spasial, dihitung rasio ketersediaan pangkalan per penduduk dan dipetakan jangkauan pelayanan efektifnya. Hasilnya mengidentifikasi "area kosong" (blank spot) yang belum terlayani sehingga dapat menjadi panduan strategis untuk pengembangan pangkalan baru demi distribusi energi yang lebih merata.

25 menit baca

164 dilihat

9 Data

1 Proyek

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Makanan dan Minuman

30 Jul 2025

Praba Syura

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Eksplorasi potensi pengembangan coffee shop baru di Kota Bandung dengan analisis spasial menggunakan GeoMAPID, mengintegrasikan data penduduk dan aktivitas malam hari.

17 menit baca

163 dilihat

1 Proyek

ANALISIS SPASIAL PENENTUAN LOKASI STRATEGIS UNTUK MEMBUKA BISNIS F&B RESTORAN SEAFOOD DI SEKITAR KAMPUS UPI

Makanan dan Minuman

05 Agt 2025

HIMA SAIG UPI

ANALISIS SPASIAL PENENTUAN LOKASI STRATEGIS UNTUK MEMBUKA BISNIS F&B RESTORAN SEAFOOD DI SEKITAR KAMPUS UPI

Temukan strategi pemasaran F&B yang tepat dengan analisis lokasi strategis sekitar kampus untuk bisnis makanan dan minuman yang sukses di Indonesia.

14 menit baca

156 dilihat

Syarat dan Ketentuan
Pendahuluan
  • MAPID adalah platform yang menyediakan layanan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pengelolaan, visualisasi, dan analisis data geospasial.
  • Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Multi Areal Planing Indonesia, beralamat
  • mapid-ai-maskot