Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

28 Oktober 2021

By: Aulia Rahma

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cita Rasa Oriental

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cita Rasa Indonesia

Open Data

Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji

Open Project

Analisis Bisnis Restoran Sekitar LRT

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta
Teman-teman pasti sudah mendengar tentang LRT, kan? LRT adalah moda transportasi publik dengan kecepatan rata-rata mencapai 90 km/jam. Sebagai fasilitas yang pasti ramai digunakan publik dan bersifat strategis, kawasan sekitar LRT sangat berpotensi untuk menjadi lokasi bisnis. Publikasi ini akan mengulas mengenai bisnis khususnya kuliner apa saja yang cocok untuk dikembangkan di sekitar kawasan LRT.

PENDAHULUAN

Lintas Rel Terpadu Jakarta, atau yang biasa disebut dengan LRT Jakarta, merupakan moda transportasi publik yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan layanan yang dioperasikan oleh badan usaha milik daerah DKI Jakarta, PT LRT Jakarta. Rencana pembangunan LRT Jakarta mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Transportasi Umum di Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan LRT dimulai pada Juni 2016 dan mulai beroperasi penuh pada Desember 2019.

Sampai saat ini, stasiun LRT yang sudah beroperasi adalah Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Jarak dari stasiun awal ke stasiun akhir sekitar ±5,8 km yang dapat ditempuh selama ±13 menit. Kereta LRT Jakarta akan dioperasikan dengan kecepatan rata-rata sekitar 50 km/jam hingga 90 km/jam.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Sebagai fasilitas yang pasti ramai digunakan publik dan bersifat strategis, kawasan sekitar Stasiun LRT sangat berpotensi untuk menjadi lokasi bisnis. Lokasi yang sesuai untuk membuka bisnis dapat ditentukan menggunakan pendekatan spasial melalui analisis kesesuaian. Publikasi ini akan mengulas lokasi mana yang sesuai untuk bisnis kuliner, khususnya restoran cepat saji, restoran cita rasa Indonesia, dan restoran cita rasa Oriental di kawasan stasiun LRT Jakarta.

DATA DAN METODE

Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber. Adapun data yang digunakan dalam analisis ini antara lain:

1. Data Stasiun Jalur dan Stasiun LRT (Sumber: Hasil digitasi manual)

2. Data Badan Jalan (Sumber: Jakarta Satu)

3. Data Batas Administrasi (Sumber: Jakarta Satu)

4. Data RDTR-PZ Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 (Sumber: Jakarta Satu)

5. Data Kepadatan Penduduk (Sumber: Open Data Jakarta)

6. Data Persebaran Pusat Kegiatan (Sumber: Jakarta Satu)

7. Data Persebaran Bisnis Eksisting / Kompetitor (Sumber: Google Maps)

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Pengolahan data dilakukan pembuatan buffer di titik stasiun LRT dengan jarak 800 m, dimana jarak ini dapat ditempuh 10 menit dengan jalan kaki. Selanjutnya dari buffer yang telah dibentuk, dilakukan analisis kesesuaian dengan anggapan:

1. Lokasi tidak terletak di badan jalan,

2. Lokasi berada di dalam zona dengan kawasan peruntukan bisnis/jasa,

3. Lokasi semakin sesuai jika berdekatan dengan titik-titik pusat kegiatan,

4. Lokasi semakin sesuai jika tidak berdekatan dengan titik-titik bisnis eksisting,

5. Lokasi semakin sesuai jika berada di kawasan dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan sebaran bisnis eksisting restoran dengan berbagai macam cita rasa. Wilayah sekitar Stasiun Boulevard Utara memiliki bisnis eksisting restoran yang cenderung lebih banyak dibandingkan stasiun LRT lainnya. Hal ini tentunya akan berpengaruh dengan sebaran luas hasil analisis potensi bisnis restoran nantinya.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Pusat kegiatan seperti sekolah, perkantoran, rumah ibadah, dan pemerintahan juga digunakan sebagai parameter analisis. Semakin dekat dengan pusat kegiatan, target pasar akan semakin luas.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Analisis kesesuaian dengan pendekatan spasial ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam pengambilan keputusan dalam penentuan lokasi bisnis. Untuk hasil peta yang lebih luwes dapat dilihat di Lampiran Project.

Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta Analisis Potensi Bisnis Restoran Cepat Saji, Restoran Cita Rasa Indonesia, dan Restoran Cita Rasa Oriental di Kawasan LRT Jakarta

Demikian analisis tentang kesesuaian lokasi bisnis restoran, khususnya restoran cepat saji, restoran cita rasa Indonesia, dan restoran cita rasa Oriental. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca!

The application of GIS is limited only by the imagination of those who use it. - Jack Dangermond

Sumber:

Header - https://www.pexels.com/photo/person-holding-sliced-vegetable-2284166/

Data Publikasi

Analisis Spasial Kelayakan Pembangunan Toko Bangunan di Kota Majene

Penelitian

07 Okt 2025

Wawan Firgiawan

Analisis Spasial Kelayakan Pembangunan Toko Bangunan di Kota Majene

Proyek ini bertujuan untuk menganalisis dan memetakan lokasi potensial pembangunan toko bangunan di wilayah Kota Majene dengan memanfaatkan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG/GIS) dan metode analisis spasial multi-kriteria. Kegiatan ini berangkat dari meningkatnya kebutuhan bahan bangunan akibat pertumbuhan permukiman, infrastruktur, serta renovasi pasca-bencana di Majene. Dengan pendekatan berbasis data spasial, penelitian ini akan mengidentifikasi zona strategis dan kelayakan lokasi berdasarkan kombinasi faktor permintaan pasar, aksesibilitas, persaingan usaha, daya beli masyarakat, kedekatan dengan pemasok, serta risiko bencana.

12 menit baca

24 dilihat

2 Proyek

Strategi Pemilihan Lokasi Kafe di Yogyakarta: Kunci Sukses Bisnis di Kota Pelajar dan Wisata

Barang Konsumsi

29 Sep 2025

Stevan Tarigan

Strategi Pemilihan Lokasi Kafe di Yogyakarta: Kunci Sukses Bisnis di Kota Pelajar dan Wisata

Analisis Pemilihan Lokasi di Kota Yogyakarta

9 menit baca

133 dilihat

2 Proyek

Menghadapi Ancaman Sesar Lembang: Analisis Spasial Fasilitas Kesehatan Aman untuk Posko Pengungsian

Penelitian

29 Sep 2025

Fathunajah Elsha Christalianingsih

Menghadapi Ancaman Sesar Lembang: Analisis Spasial Fasilitas Kesehatan Aman untuk Posko Pengungsian

Artikel ini menganalisis zona bahaya gempabumi di Jawa Barat untuk menentukan fasilitas kesehatan yang aman sebagai posko bencana. Hasilnya, lokasi yang berada di zona intensitas rendah–menengah, jauh dari sungai, dan di luar sesar aktif direkomendasikan sebagai posko pengungsian maupun posko sementara.

15 menit baca

180 dilihat

1 Proyek

Analisis Keterjangkauan dan Penentuan Lokasi Taman Publik di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan

Perencanaan Kota

29 Sep 2025

Muhammad Yaslam Wafi

Analisis Keterjangkauan dan Penentuan Lokasi Taman Publik di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan

Publikasi ini menganalisis keterjangkauan taman publik eksisting di Kecamatan Serpong dan penentuan lokasi baru untuk area yang belum tercakupi

10 menit baca

161 dilihat

2 Data

1 Proyek

Syarat dan Ketentuan
Pendahuluan
  • MAPID adalah platform yang menyediakan layanan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pengelolaan, visualisasi, dan analisis data geospasial.
  • Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Multi Areal Planing Indonesia, beralamat