Analisis Potensi Lokasi untuk Membuka Usaha Cafe di Sekitar Stasiun MRT ASEAN

04/11/2021 • Ajeng Roro Setiowati

POI CAFE

Jalur MRT Jakarta

Stasiun MRT Jakarta

Zona Nilai Tanah Jakarta Selatan

Histori Banjir Jakarta

Analisis lokasi untuk membuka usaha cafe sekitar stasiun ASEAN


Analisis Potensi Lokasi untuk Membuka Usaha Cafe di Sekitar
Stasiun MRT ASEAN
Analisis Potensi Lokasi untuk Membuka Usaha Cafe di Sekitar Stasiun MRT ASEAN
Geomarketing adalah pendekatan multifaset yang memungkinkan tinjauan komprehensif data pasar dan perusahaan serta analisis geografis mikro yang terperinci. Fleksibilitas ini sangat penting ketika mencoba memaksimalkan potensi Anda dan menentukan kelompok sasaran Anda di pasar yang sangat kompetitif, di mana faktor lokal dan yang lebih luas harus diperhitungkan. (Hardt-Beischl, 2012).

PENDAHULUAN

Cafe telah menjadi tempat bagi masyarakat khususnya kawula muda untuk berkumpul dan bercengkrama. Hal ini menjadikan cafe sebagai tempat yang populer bagi kaum milinenial, sehingga membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam bisnis adalah dengan menggunakan geomarketing. Pendekatan ini memungkinkan analisis berbasis geografis dalam penentuan lokasi strategis untuk membuka cafe.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan proyek ini adalah untuk menentukan potensi kesesuaian wilayah di sekitar MRT Stasiun ASEAN untuk membuka usaha cafe.

DATA

Data yang digunakan dalam proyek ini adalah sebagai berikut:

1. Jalur MRT Jakarta

2. Stasiun MRT Jakarta

3. Penggunaan Lahan Provinsi DKI Jakarta

4. Zona Nilai Tanah Jakarta Selatan

5. Histori Banjir Jakarta

6. SINI mapid

7. Persebaran Cafe sekitar stasiun ASEAN

METODE

Beberapa parameter yang diberikan skor antara lain harga tanah, tata guna lahan, dan histori banjir di sekitar stasiun MRT ASEAN dengan radius satu kilometer. Skor yang diberikan untuk masing-masing paramater adalah 1-5, dimana semakin besar nilai skor akhirnya maka semakin tinggi potensi untuk membuka cafe di wilayah tersebut. Skoring akhir akan dikelompokkan kedalam beberapa kelas, yaitu Tidak Sesuai (3-7), Cukup Sesuai (8-12), dan Sangat Sesuai (>12).
Analisis Potensi Lokasi untuk Membuka Usaha Cafe di Sekitar
Stasiun MRT ASEAN

HASIL

Analisis Potensi Lokasi untuk Membuka Usaha Cafe di Sekitar
Stasiun MRT ASEAN

Hasil kesesuaian wilayah untuk pembukaan cafe di sekitar stasiun ASEAN menunjukkan bahwa wilayah yang cukup sesuai berada di kelurahan Kramat Pela. Hal ini dikarenakan beberapa hal, seperti penggunaan lahan yang didominasi oleh kawasan pemukiman dan merupakan wilayah yang bebas banjir selama 5 tahun terakhir. selain itu, pesaing di wilayah tersebut juga tidak banyak sehingga memberikan peluang lebih bagi pelaku usaha.

Data Publications