Analisis Keterjangkauan Transportasi Publik terhadap Gerai Tomoro Coffee di DKI Jakarta

17 Februari 2025

By: Nur Rahmatul Azizah

Tomoro Coffee

Pendahuluan

Perkembangan transportasi publik di DKI Jakarta sebagai pusat kegiatan, seperti penggunaan Transjakarta, KRL, MRT, LRT menjadi salah satu titik transit tempat berkumpulnya banyak orang. Hal ini menjadi salah satu faktor penarik bagi bisnis kopi yang menargetkan kalangan menengah. Salah satu gerai kopi yang sedang mengalami perkembangan pesat adalah Tomoro Coffee. Tomoro Coffee adalah kedai kopi yang berfokus pada efisiensi, kualitas dan inovasi. Berdiri pada Agustus 2022 pertama kali di Landmark Pluit. Tomoro coffee berencana membuka 1.000 gerai di Indonesia pada akhir 2024. Oleh karena itu, analisis ini bertujuan untuk melihat keterjangkauan transportasi publik terhadap salah satu brand kopi yang affordable.

Metodologi

Data yang digunakan adalah persebaran titik gerai Tomoro Coffee (yang diperoleh dari hasil Scraping Data Google Maps) dan transportasi publik yang diwakili dengan jaringan jalan dan halte/stasiun. Data jaringan jalan akan digunakan sebagai dasar untuk network analysis untuk menghasilkan service area pada setiap titik sarana transportasi publik (halte Transjakarta, KRL, LRT, dan MRT). Dasar penentuan kriteria keterjangkauan menggunakan batasan 500m, 1000m, dan 2000m dengan asumsi jarak tersebut dapat ditempuh dengan nyaman ketika berjalan kaki. Kemudian service area pada setiap halte/stasiun dilakukan intersect terhadap gerai Tomoro Coffee sehingga diketahui mana saja lokasi yang termasuk ke dalam area terjangkau.

Hasil dan Pembahasan

Jumlah gerai Tomoro Coffee di DKI Jakarta terdapat 109 gerai, distribusinya terkonsentrasi di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, dengan jumlah masing-masing gerai sebanyak 40 dan 24 gerai. Tomoro Coffee adalah brand muda yang berkompetisi dengan beberapa brand kopi lokal lain yang sudah terkenal, seperti Fore, Kopi Kenangan, dan Janji Jiwa. Oleh karena itu, menarik untuk melihat pola persebaran penentuan lokasi gerai yang dilakukan. Salah satunya melalui aksesibilitas dari segi transportasi publik. Tomoro Coffe membranding diri dengan harga yang terjangkau. Maka tentunya akan ditempatkan di lokasi-lokasi pusat kegiatan yang mudah diakses oleh banyak orang.

Berdasarkan hasil analisis keterjangkauan yang telah dilakukan, terdapat sekitar 48 gerai atau setara dengan 44% dengan rincian sebagai berikut:

  • Jangkauan 0-500 m : 3 gerai
  • Jangkauan 500-1000 m : 13 gerai
  • Jangkauan 1000-2000 m : 32 gerai

Hal ini menunjukkan bahwa cukup banyak gerai yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna transportasi umum, terutama commuter dengan intensitas dan frekuensi yang tinggi, sehingga berpeluang sebagai target market bagi pengembangan Tomoro Coffee.

Apabila melihat secara sekilas persebaran gerai Tomoro Coffee terhadap halte maupun stasiun, dapat ditemukan kecenderungan lokasinya beriringan satu-sama lain, terutama pada stasiun KRL, MRT, maupun LRT. Adapun, pada persebaran halte Transjakarta masih dapat terlihat persebaran gerai Tomoro Coffee yang tidak berdekatan atau masuk dalam area jangkauan halte.

halte transjakarta x tomoro coffee

Stasiun KRL terhadap Tomoro Coffee

stasiun LRT terhadap Tomoro

Stasiun MRT terhadap Tomoro Coffee

Selain itu, setelah dianalisis ditemukan pula 3 lokasi gerai Tomoro Coffee yang dapat diakses dengan mudah melalui lebih dari satu halte/stasiun, yakni Tomoro Coffe Chub Square, Tomoro Coffe Wisma KEIAI, dan Tomoro Coffe Wisma Kodel yang terletak di daerah Sudirman.

Rekomendasi

Pola persebaran Tomoro Coffee yang berkaitan erat dengan persebaran sarana transportasi publik memiliki potensi sebagai target market para commuter yang memerlukan untuk go and grab fast atau sekedar tempat singgah penat sebelum pulang ke rumah. Salah satu strategi pengembangan yang dapat dilakukan oleh Tomoro Coffee yakni menjalin kerjasama dengan transportasi publik untuk melakukan transit advertising, dengan mengiklankan produk pada bagian dalam stasiun maupun di moda transportasi. Selain itu, apabila diperlukan strategi promosi juga dapat dilakukan dengan membeli "naming"naming right"alte atau stasiun, sebagaimana yang dilakukan oleh Kopi Tuku dengan membeli naming right Stasiun Cipete Raya.

Namun, perlu dilakukan analisis yang lebih mendalam untuk memahami faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap pola persebaran gerai Tomoro Coffee, seperti fasilitas komersial, fasilitas pendidikan, serta keberadaannya relatif terhadap kompetitor bisnis kopi lainnya. Hal ini akan dapat menghasilkan pemahaman yang komprehensif tentang pemahaman pola persebaran gerai Tomoro Coffee.

Data Publikasi

Analisis Lokasi Potensial Pengembangan Usaha Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Makanan dan Minuman

31 Jul 2025

Muhammad Dwi Arfian

Analisis Lokasi Potensial Pengembangan Usaha Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Eksplorasi persebaran titik eksisting tempat makan mie ayam dan melihat potensi peluang baru di tengah-tengah persaingan. Artikel ini menyajikan gambaran dan penjelasan singkat terkait bagaimana persebaran dan kepadatan titik eksisting tempat makan mie ayam di Kota Yogyakarta. Selain itu, juga melihat potensi peluang lokasi baru untuk pengembangan usaha mie ayam. Fitur INSIGHT dari GEO MAPID digunakan dalam proses analisis dalam artikel ini.

11 menit baca

170 dilihat

Evaluasi Spasial Pangkalan Gas LPG 3 kg: Analisis Ketersediaan, Jangkauan, dan Potensi Pengembangan di Kecamatan Minggir, Sleman

Rantai Pasokan

30 Jul 2025

Fabiola Larasati

Evaluasi Spasial Pangkalan Gas LPG 3 kg: Analisis Ketersediaan, Jangkauan, dan Potensi Pengembangan di Kecamatan Minggir, Sleman

Penelitian ini mengevaluasi jaringan pangkalan LPG 3 kg di Kecamatan Minggir, wilayah dengan jumlah pangkalan paling sedikit di Kabupaten Sleman. Melalui analisis spasial, dihitung rasio ketersediaan pangkalan per penduduk dan dipetakan jangkauan pelayanan efektifnya. Hasilnya mengidentifikasi "area kosong" (blank spot) yang belum terlayani sehingga dapat menjadi panduan strategis untuk pengembangan pangkalan baru demi distribusi energi yang lebih merata.

25 menit baca

187 dilihat

9 Data

1 Proyek

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Makanan dan Minuman

30 Jul 2025

Praba Syura

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Eksplorasi potensi pengembangan coffee shop baru di Kota Bandung dengan analisis spasial menggunakan GeoMAPID, mengintegrasikan data penduduk dan aktivitas malam hari.

17 menit baca

205 dilihat

1 Proyek

ANALISIS SPASIAL PENENTUAN LOKASI STRATEGIS UNTUK MEMBUKA BISNIS F&B RESTORAN SEAFOOD DI SEKITAR KAMPUS UPI

Makanan dan Minuman

05 Agt 2025

HIMA SAIG UPI

ANALISIS SPASIAL PENENTUAN LOKASI STRATEGIS UNTUK MEMBUKA BISNIS F&B RESTORAN SEAFOOD DI SEKITAR KAMPUS UPI

Temukan strategi pemasaran F&B yang tepat dengan analisis lokasi strategis sekitar kampus untuk bisnis makanan dan minuman yang sukses di Indonesia.

14 menit baca

181 dilihat

Syarat dan Ketentuan
Pendahuluan
  • MAPID adalah platform yang menyediakan layanan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pengelolaan, visualisasi, dan analisis data geospasial.
  • Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Multi Areal Planing Indonesia, beralamat
  • mapid-ai-maskot