Lokasi Potensial Sebaran Tambak Udang Modern di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

30/07/2022 • Nur Ifani Choiru Nisa

Peta Potensi Tambak Udang Modern
Tambak Udang Modern
Lokasi Potensial Sebaran Tambak Udang Modern

Tau ga sih kalau negara kita ini memiliki potensi sumber daya pesisir dan lautan yang sangat besar? Indonesia yang dikenal sebagai negara Maritim ini memiliki segudang biota laut, udang sebagai salah satu diantara banyaknya biota biota laut yang ada. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), udang merupakan salah satu komoditas yang menyumbang devisa negara cukup besar. Untuk mengembangkan udang yang ada di laut Indonesia, maka dibuatlah tambak udang, modernisasi membuat tambak udang bisa dibuat dengan model apapun salah satunya adalah tambak udang modern.

LATAR BELAKANG

Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai sepanjang 81.000 km dan perairan pantai seluas 5.600.000 km2 membuatnya memiliki potensi sumber daya alam pesisir dan lautan yang harus dikembangkan. Salah satu potensi sumber daya alam pesisir dan lautan yang dapat dioptimalkan dan memberikan devisa cukup besar adalah budidaya tambak udang. Kebutuhan udang dunia yang masih belum terpenuhi didukung dengan wilayah Indonesia sebagai negara maritim membuatnya memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan hasil budidaya udang Indonesia. Selaras sengan salah satu program terobosan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yaitu pengembangan perikanan budidaya berbasis ekspor dengan udang sebagai salah satu komoditas unggulan (Setyawan,2022) membuat Indonesia memiliki kesempatan yang lebih besar terkait budidaya tambak udang. Melihat peluang Indonesia yang cukup besar untuk budidaya tambak udang, maka perlu dilakukan pengelolaan tambak secara umum, khususnya di Pulau Jawa masih diperlukan perencanaan pengelolaan yang lebih baik lagi. Fokus perencanan budidaya tambak udang ini dilakukan di Kabupaten Kebumen, hal tersebut dilakukan karena Kabupaten Kebumen berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia sehingga memiliki potensi yang lebih besar.

Untuk mencapai produktivitas optimum dari produksi tambak udang, maka perlu dilakukan modelling tambak udang modern, yaitu tambak udang yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Tambak udang modern ini nantinya tidak akan merusak lingkungan bahkan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya tidak memerlukan modal yang besar, produktivitas udang akan lebih baik dengan begitu hasil panen yang diperoleh juga lebih banyak. Dengan kualitas dan kuantitas udang yang baik akan memenuhi permintaan ekspor udang, tidak hanya itu, tambak udang modern ini nantinya juga akan melibatkan petani tambak lokal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di sekitar tambak udang.

Lokasi Potensial Sebaran Tambak Udang Modern di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

DATA

Seluruh data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber. Adapun data yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Peta Tekstur Tanah Kabupaten Kebumen

2. Peta Kelerengan Kabupaten Kebumen

3. SHP Administrasi Kebumen

4. SHP Sungai

5. SHP Laut

TEKNIK

Teknik yang digunakan dalam analisis ini adalah:

1. Overlay

ANALISIS

Salah satu permasalahan yang ingin kami pecahkan adalah industri, inovasi, dan infrastruktur yang ada di Kabupaten Kebumen. Kondisi dan kualitas industri, inovasi, dan infrastruktur di Kabupaten Kebumen masih terbilang rendah. Untuk itu diperlukan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan industri, inovasi, dan infrastruktur di Kebumen, salah satunya dengan membuat tambak udang modern. Tambak udang modern merupakan kolam yang digunakan untuk membudidayakan udang, yang menggunakan inovasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi produksi udang. Saat ini, Kebumen masih melakukan budidaya udang secara tradisional sehingga belum mampu maksimal secara produksi. Hal ini tentu menjadi hal yang penting, karena Kebumen merupakan daerah yang memiliki banyak pantai dan sumber daya udang yang sangat potensial. KKP juga menargetkan supaya produksi udang nasional dapat mencapai target 2 juta ton hingga tahun 2024, dan Kebumen dinilai menjadi salah satu kawasan yang mampu untuk membangun tambak udang modern.

Tambak udang modern tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang besar. Adanya tambak udang modern ini juga akan sangat membantu dalam hal produksi udang, karena tambak udang modern mampu meningkatkan produktivitas udang. Tambak udang modern ini nantinya akan melibatkan petani tambak lokal, dimana petani-petani ini akan dibekali pelatihan dan pendampingan, supaya dapat mengelola tambak dengan baik dan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Adanya tambak udang modern ini akan mampu mendobrak ekspor, sehingga dapat mampu membangkitkan perekonomian, membangun SDGs yang lebih baik, sehingga mampu membantu Kebumen untuk keluar dari zona kemiskinan.

REFERENSI

Setyawan, Edwin Yulia. 2022. Produksi Budi daya Udang di Indonesia. https://kkp.go.id/ brsdm/sosek/artikel/39265-produksi-budi-daya-udang-di-indonesia

Situmorang, Biqwanto. 2021. Dirjen KKP Dorong Penyebarluasan Tambak Udang Milenial. https://www.antaranews.com/berita/ 2046366/dirjen-kkp-dorong-penyebarluasan-tambak-udang-milenial

Tanahair.indonesia.go.id

Disusun Oleh:
1. Adelia Indah Cahya Widi
2. Nur Ifani Choiru Nisa
Data Publications