Analisis Lokasi Strategis Iklan Digital Skincare Pria di Kota Bandung Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS)

08 May 2025

By: Naufal Mumtaz

Pemetaan Strategis Kecamatan Bandung untuk Kampanye Skincare Pria: Analisis GIS Berbasis Demografi & Perilaku Konsumen

Pendahuluan

Saat ini, keindahan tubuh menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan. Ketertarikan manusia pada hal-hal yang indah secara visual membuat masyarakat memiliki persepsi bahwa keindahan anggota tubuh menjadi nilai positif yang akan bermanfaat bagi seseorang yang memilikinya. Hal ini tentunya membuat masyarakat berlomba-lomba untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal. Salah satu bagian tubuh yang sangat menjadi concern oleh masyarakat adalah wajah, karena menjadi titik fokus penglihatan manusia saat berinteraksi satu sama lain. Perawatan wajah atau yang sering lebih disebut skincare semakin digemari oleh masyarakat luas demi mendapatkan predikat cantik atau tampan. Fenomena ini tidak hanya terjadi pada wanita namun juga pada laki-laki. Wanita memang sejak dulu dikenal sebagai pribadi yang lebih fokus pada merawat keindahan tubuhnya sendiri. Pria yang sejak dulu dikenal sebagai pribadi yang tak acuh pada penampilan kini bergeser ke arah memprioritaskan penampilan. Berbagai alasan dimiliki pria untuk bisa memiliki wajah yang tampan dengan kulit bersih, sehat dan terawat. Alasan memiliki wajah yang tampan tersebut antara lain seperti untuk menarik lawan jenis, personal branding atau tekanan dari media sosial yang saat ini sedang mengagung-agungkan orang dengan wajah yang rupawan. Salah satu daerah di Indonesia yang mengalami hal ini adalah Kota Bandung yang terkenal dengan orang-orangnya yang cantik dan tampan. Hal ini menjadi pressure tersendiri bagi pria di Kota Bandung agar memiliki wajah yang rupawan untuk memenuhi ekspektasi tersebut.

Kota Bandung merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk sebesar 2.528.163 jiwa (BPS, 2025) yang mana jumlah penduduk laki-lakinya sebesar 50,3 % atau sekitar 1.247 juta jiwa. Jumlah yang besar tersebut tentu akan menghasilkan permintaan atas barang dan jasa meningkat salah satunya seperti produk skincare untuk pria. Produk skincare untuk pria ini tentu memerlukan strategi khusus agar produk skincare yang segmented ini dapat laku terjual di pasaran. Hal yang dapat dilakukan untuk penjualan skincare saat ini yang cukup masif adalah melalui media online seperti lewat web ataupun lewat platform penjualan online. Maka dari itu, tujuan penelitian kali ini untuk mengetahui lokasi strategis yang dapat memaksimalkan penjualan skincare pria secara online di Kota Bandung. Pertimbangan yang perlu dilakukan dalam menentukan lokasi strategis dalam memasarkan produk skincare pria secara online memperhatikan demografi dan kebiasaan yang pria lakukan seperti jumlah penduduk pria, fasilitas olahraga, hiburan dan kesenian, komunitas dan organisasi, makanan dan minuman, pendidikan serta perdagangan dan retail. Pendekatan yang dilakukan dapat berupa analisis spasial menggunakan platform GEO MAPID untuk nantinya akan dihasilkan visualisasi dan interpretasi berbasis peta yang dapat mendukung pengambilan keputusan strategis.

Metode dan Data

Penelitian ini menggunakan metode analisis buffer dan fitur Insight yang ada pada Platform GEO MAPID untuk menganalisis lokasi yang strategis untuk dilakukan promosi/campaign secara online terhadap produk-produk skincare pria di Kota Bandung. Analisis buffer dilakukan untuk mengetahui berapa hotspot yang akan dibuat dalam jarak 1-5 km dan fitur insight untuk membantu dalam visualisasi dalam bentuk peta agar lebih mudah dipahami banyak orang. Data yang diperlukan untuk menganalisis lokasi ini adalah jumlah penduduk pria, fasilitas olahraga, hiburan dan kesenian, komunitas dan organisasi, makanan dan minuman, pendidikan serta perdagangan dan retail. Data tersebut disesuaikan dengan kebiasaan pria yang menyukai olahraga, datang ke pusat keramaian seperti hiburan dan makanan serta beraktifitas sebagai komunitas, pelajar dan mahasiswa juga bekerja pada perdagangan dan retail.

Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa persebaran grid yang sesuai berada di pusat Kota Bandung seperti Kecamatan Regol, Kecamatan Babakan Ciparay, Kecamatan Bandung Wetan, kecamatan Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kecamatan Antapani dan Kecamatan Kiaracondong. Sedangkan grid yang tidak sesuai dan sangat tidak sesuai berada dipinggiran Kota Bandung seperti pada sisi paling timur dan selatan Kota Bandung.

Gambar 3.2

Hasil dari kecenderungan persebaran grid tersebut dapat dianalisis lebih lanjut guna mengetahui hotspot yang optimal dalam mendukung promosi yang tepat sasaran secara digital untuk menggaet calon konsumen berdasarkan demografi dan kebiasaan pria yang ada di Kota Bandung. Pada peta dapat tergambarkan bahwa dapat dibuat 2 hotspot untuk promosi produk skincare pria secara digital berdasarkan aglomerasi grid berwarna hijau yang berarti sangat sesuai dengan jangkauan sepanjang 4 km yaitu R-1 dengan titik pusat hotspot di Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler dan 3 km yaitu R-2 dengan titik pusat hotspot di Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong. Pada wilayah selatan dan timur Kota Bandung seperti Kecamatan Cinambo, Bandung Kidul, Gedebage, dan sekitarnya tidak dijadikan titik pusat hotspot dikarenakan kecenderungan grid pada wilayah timur adalah cenderung tidak sesuai dan sangat tidak sesuai.

Gambar 3.3

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diketahui bahwa lokasi strategis untuk memasarkan produk skincare pria secara online di Kota Bandung berada di bagian barat dan tengah Kota Bandung dan hotspot yang diperlukan agar promosi dapat berjalan secara optimal yaitu pada radius 4 km untuk titik R-1 di Kelurahan Jamika dan radius 3 km untuk titik R-2 di Kelurahan Babakan Surabaya.

Rekomendasi

Penelitian ini masih terbatas pada POI dan demografi yang tersedia di GEO MAPID sehingga masih dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan data lain seperti pengeluaran, data kompetitor serta data terbaru terkait dengan perilaku konsumen pada masing-masing kelurahan yang ada di Kota Bandung.

Daftar Pustaka

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2025). Kota Bandung dalam angka 2025 [Bandung municipality in figures 2025]. BPS Kota Bandung.

Data Publications

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang Termasuk pada Zonasi Sekolah A, Kota Bandung

Transportation

07 May 2025

Fajrin Meilani Azzahra Zain

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang Termasuk pada Zonasi Sekolah A, Kota Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterjangkauan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di zona A Kota Bandung, yang meliputi delapan kecamatan dan 22 sekolah, berdasarkan sistem zonasi penerimaan siswa baru. Sistem zonasi, yang diimplementasikan secara penuh sejak 2018, bertujuan meningkatkan pemerataan akses pendidikan dengan menetapkan radius maksimal domisili calon siswa ke sekolah (3 km untuk SMP). Namun, keberadaan siswa di luar radius zonasi dan keterbatasan jangkauan berjalan kaki (maksimal 1,2 km dalam 20 menit berdasarkan kecepatan rata-rata siswa) tetap memunculkan kebutuhan transportasi. Penelitian ini menggunakan analisis isokron dengan batasan waktu tempuh berjalan kaki siswa (5, 10, 15, dan 20 menit) untuk mengevaluasi keterjangkauan sekolah dalam zona A. Hasil analisis isokron ini akan dibandingkan dengan radius zonasi 3 km yang ditetapkan untuk SMP, guna memahami apakah radius tersebut sejalan dengan kemampuan siswa untuk mencapai sekolah dengan berjalan kaki dalam rentang waktu yang wajar. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemenuhan kebutuhan transportasi sekolah siswa SMP di Kota Bandung, khususnya dalam konteks implementasi sistem zonasi.

17 min read

76 view

Analisis Potensi Bencana Alam Banjir Terhadap Kawasan Terbangun Industri Kabupaten Sumbawa

Climate & Disaster

07 May 2025

Ryandana Adi Nugraha

Analisis Potensi Bencana Alam Banjir Terhadap Kawasan Terbangun Industri Kabupaten Sumbawa

Kabupaten Sumbawa terletak pada provinsi Nusa Tenggara Barat. Dilihat dari segi geografis letak Kabupaten Sumbawa terutama Kecamatan sumbawa memiliki potensi sebagai daerah pusat perekonomian yang mana menjadi nilai ekonomis untuk dibangun industri di area tersebut. Namun, daerah tersebut memiliki potensi banjir baik banjir rob ataupun banjir akibat intensitas hujan yang tinggi. Hal ini menjadikan area industri yang berada di Sumbawa dan sekitarnya memiliki potensi untuk terdampak banjir. Meskipun berisiko, bisnis sering memilih untuk berlokasi di daerah rawan banjir karena keuntungan strategis seperti kedekatan dengan bisnis terkait dan fasilitas umum. Manfaat ekonomi dapat lebih besar daripada dampak buruk banjir, sehingga mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi manajemen risiko banjir struktural dan non-struktural (Rwehumbiza 2021).

19 min read

53 view

1 Projects

Penentuan Lokasi Rencana Tempat Pengungsian Banjir Berdasarkan Sebaran Kelompok Rentan dan Zona Bahaya di Kota Bogor

Climate & Disaster

07 May 2025

Zelina Mariyori Wazlir

Penentuan Lokasi Rencana Tempat Pengungsian Banjir Berdasarkan Sebaran Kelompok Rentan dan Zona Bahaya di Kota Bogor

Analisis penentuan lokasi tempat pengungsian banjir di Kota Bogor menunjukkan bahwa tujuh sekolah berada dalam kategori sangat layak berdasarkan kombinasi kriteria spasial dan distribusi kelompok rentan di zona bahaya banjir. Titik-titik ini berada di kelurahan prioritas dan dapat dijangkau dalam radius ≤ 500 meter oleh populasi terdampak dengan berjalan kaki, sehinga dapat menjadi lokasi prioritas untuk evakuasi darurat. Sekolah juga menjadi alternatif yang fungsional dan strategis dalam mendukung upaya pengurangan risiko bencana banjir secara inklusif dan tepat sasaran.

20 min read

42 view

4 Data

1 Projects

Analisis Potensi Lokasi Cabang untuk Toko Skincare di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Retail

07 May 2025

Clarisa Nadia

Analisis Potensi Lokasi Cabang untuk Toko Skincare di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

site selection for skincare retail

11 min read

59 view

1 Data

1 Projects

Terms and Conditions
Introductions
  • MAPID is a platform that provides Geographic Information System (GIS) services for managing, visualizing, and analyzing geospatial data.
  • This platform is owned and operated by PT Multi Areal Planing Indonesia, located at
  • mapid-ai-maskot