Analisis Lokasi Strategis Iklan Digital Skincare Pria di Kota Bandung Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS)

08 Mei 2025

By: Naufal Mumtaz

Pemetaan Strategis Kecamatan Bandung untuk Kampanye Skincare Pria: Analisis GIS Berbasis Demografi & Perilaku Konsumen

Pendahuluan

Saat ini, keindahan tubuh menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan. Ketertarikan manusia pada hal-hal yang indah secara visual membuat masyarakat memiliki persepsi bahwa keindahan anggota tubuh menjadi nilai positif yang akan bermanfaat bagi seseorang yang memilikinya. Hal ini tentunya membuat masyarakat berlomba-lomba untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal. Salah satu bagian tubuh yang sangat menjadi concern oleh masyarakat adalah wajah, karena menjadi titik fokus penglihatan manusia saat berinteraksi satu sama lain. Perawatan wajah atau yang sering lebih disebut skincare semakin digemari oleh masyarakat luas demi mendapatkan predikat cantik atau tampan. Fenomena ini tidak hanya terjadi pada wanita namun juga pada laki-laki. Wanita memang sejak dulu dikenal sebagai pribadi yang lebih fokus pada merawat keindahan tubuhnya sendiri. Pria yang sejak dulu dikenal sebagai pribadi yang tak acuh pada penampilan kini bergeser ke arah memprioritaskan penampilan. Berbagai alasan dimiliki pria untuk bisa memiliki wajah yang tampan dengan kulit bersih, sehat dan terawat. Alasan memiliki wajah yang tampan tersebut antara lain seperti untuk menarik lawan jenis, personal branding atau tekanan dari media sosial yang saat ini sedang mengagung-agungkan orang dengan wajah yang rupawan. Salah satu daerah di Indonesia yang mengalami hal ini adalah Kota Bandung yang terkenal dengan orang-orangnya yang cantik dan tampan. Hal ini menjadi pressure tersendiri bagi pria di Kota Bandung agar memiliki wajah yang rupawan untuk memenuhi ekspektasi tersebut.

Kota Bandung merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk sebesar 2.528.163 jiwa (BPS, 2025) yang mana jumlah penduduk laki-lakinya sebesar 50,3 % atau sekitar 1.247 juta jiwa. Jumlah yang besar tersebut tentu akan menghasilkan permintaan atas barang dan jasa meningkat salah satunya seperti produk skincare untuk pria. Produk skincare untuk pria ini tentu memerlukan strategi khusus agar produk skincare yang segmented ini dapat laku terjual di pasaran. Hal yang dapat dilakukan untuk penjualan skincare saat ini yang cukup masif adalah melalui media online seperti lewat web ataupun lewat platform penjualan online. Maka dari itu, tujuan penelitian kali ini untuk mengetahui lokasi strategis yang dapat memaksimalkan penjualan skincare pria secara online di Kota Bandung. Pertimbangan yang perlu dilakukan dalam menentukan lokasi strategis dalam memasarkan produk skincare pria secara online memperhatikan demografi dan kebiasaan yang pria lakukan seperti jumlah penduduk pria, fasilitas olahraga, hiburan dan kesenian, komunitas dan organisasi, makanan dan minuman, pendidikan serta perdagangan dan retail. Pendekatan yang dilakukan dapat berupa analisis spasial menggunakan platform GEO MAPID untuk nantinya akan dihasilkan visualisasi dan interpretasi berbasis peta yang dapat mendukung pengambilan keputusan strategis.

Metode dan Data

Penelitian ini menggunakan metode analisis buffer dan fitur Insight yang ada pada Platform GEO MAPID untuk menganalisis lokasi yang strategis untuk dilakukan promosi/campaign secara online terhadap produk-produk skincare pria di Kota Bandung. Analisis buffer dilakukan untuk mengetahui berapa hotspot yang akan dibuat dalam jarak 1-5 km dan fitur insight untuk membantu dalam visualisasi dalam bentuk peta agar lebih mudah dipahami banyak orang. Data yang diperlukan untuk menganalisis lokasi ini adalah jumlah penduduk pria, fasilitas olahraga, hiburan dan kesenian, komunitas dan organisasi, makanan dan minuman, pendidikan serta perdagangan dan retail. Data tersebut disesuaikan dengan kebiasaan pria yang menyukai olahraga, datang ke pusat keramaian seperti hiburan dan makanan serta beraktifitas sebagai komunitas, pelajar dan mahasiswa juga bekerja pada perdagangan dan retail.

Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa persebaran grid yang sesuai berada di pusat Kota Bandung seperti Kecamatan Regol, Kecamatan Babakan Ciparay, Kecamatan Bandung Wetan, kecamatan Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kecamatan Antapani dan Kecamatan Kiaracondong. Sedangkan grid yang tidak sesuai dan sangat tidak sesuai berada dipinggiran Kota Bandung seperti pada sisi paling timur dan selatan Kota Bandung.

Gambar 3.2

Hasil dari kecenderungan persebaran grid tersebut dapat dianalisis lebih lanjut guna mengetahui hotspot yang optimal dalam mendukung promosi yang tepat sasaran secara digital untuk menggaet calon konsumen berdasarkan demografi dan kebiasaan pria yang ada di Kota Bandung. Pada peta dapat tergambarkan bahwa dapat dibuat 2 hotspot untuk promosi produk skincare pria secara digital berdasarkan aglomerasi grid berwarna hijau yang berarti sangat sesuai dengan jangkauan sepanjang 4 km yaitu R-1 dengan titik pusat hotspot di Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler dan 3 km yaitu R-2 dengan titik pusat hotspot di Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong. Pada wilayah selatan dan timur Kota Bandung seperti Kecamatan Cinambo, Bandung Kidul, Gedebage, dan sekitarnya tidak dijadikan titik pusat hotspot dikarenakan kecenderungan grid pada wilayah timur adalah cenderung tidak sesuai dan sangat tidak sesuai.

Gambar 3.3

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diketahui bahwa lokasi strategis untuk memasarkan produk skincare pria secara online di Kota Bandung berada di bagian barat dan tengah Kota Bandung dan hotspot yang diperlukan agar promosi dapat berjalan secara optimal yaitu pada radius 4 km untuk titik R-1 di Kelurahan Jamika dan radius 3 km untuk titik R-2 di Kelurahan Babakan Surabaya.

Rekomendasi

Penelitian ini masih terbatas pada POI dan demografi yang tersedia di GEO MAPID sehingga masih dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan data lain seperti pengeluaran, data kompetitor serta data terbaru terkait dengan perilaku konsumen pada masing-masing kelurahan yang ada di Kota Bandung.

Daftar Pustaka

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2025). Kota Bandung dalam angka 2025 [Bandung municipality in figures 2025]. BPS Kota Bandung.

Data Publikasi

Evaluasi Spasial Pangkalan Gas LPG 3 kg: Analisis Ketersediaan, Jangkauan, dan Potensi Pengembangan di Kecamatan Minggir, Sleman

Rantai Pasokan

30 Jul 2025

Fabiola Larasati

Evaluasi Spasial Pangkalan Gas LPG 3 kg: Analisis Ketersediaan, Jangkauan, dan Potensi Pengembangan di Kecamatan Minggir, Sleman

Penelitian ini mengevaluasi jaringan pangkalan LPG 3 kg di Kecamatan Minggir, wilayah dengan jumlah pangkalan paling sedikit di Kabupaten Sleman. Melalui analisis spasial, dihitung rasio ketersediaan pangkalan per penduduk dan dipetakan jangkauan pelayanan efektifnya. Hasilnya mengidentifikasi "area kosong" (blank spot) yang belum terlayani sehingga dapat menjadi panduan strategis untuk pengembangan pangkalan baru demi distribusi energi yang lebih merata.

25 menit baca

39 dilihat

9 Data

1 Proyek

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Makanan dan Minuman

30 Jul 2025

Praba Syura

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Eksplorasi potensi pengembangan coffee shop baru di Kota Bandung dengan analisis spasial menggunakan GeoMAPID, mengintegrasikan data penduduk dan aktivitas malam hari.

17 menit baca

93 dilihat

1 Proyek

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menggunakan Moda Transportasi Umum di Kota Makassar: Pendekatan Spasial terhadap Aksesibilitas Pendidikan

Transportasi

30 Jul 2025

Muhammad Dwi Apriansyah As

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menggunakan Moda Transportasi Umum di Kota Makassar: Pendekatan Spasial terhadap Aksesibilitas Pendidikan

Kemacetan dan keterbatasan akses transportasi umum menjadi tantangan utama dalam mendukung aksesibilitas pendidikan di wilayah urban seperti Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterjangkauan fasilitas pendidikan menggunakan moda transportasi umum, khususnya Bus Rapid Transit (BRT) Trans Mamminasata dan angkutan kota pete-pete, dengan pendekatan spasial menggunakan metode isokron 15 menit berjalan kaki. Data yang digunakan mencakup sebaran sekolah, halte, rute transportasi umum, dan data demografi yang diolah secara spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 704 sekolah di Kota Makassar, sebanyak 608 sekolah (86,36%) telah terjangkau oleh transportasi umum dalam waktu tempuh 15 menit berjalan kaki. Selain itu, sekitar 84,29% penduduk Kota Makassar berada dalam jangkauan layanan transportasi umum. Namun, masih terdapat 10 kelurahan dengan keterjangkauan di bawah 50%, serta sebaran sekolah yang belum terlayani terutama di wilayah timur dan timur laut kota. Penelitian ini memberikan rekomendasi lokasi prioritas untuk pengembangan transportasi umum guna mendukung pemerataan akses pendidikan dan mewujudkan konsep Kota 15 Menit yang inklusif dan berkelanjutan.

15 menit baca

41 dilihat

1 Proyek

Analisis Persebaran Lokasi Bisnis Kedai Kopi di Kabupaten Pamekasan

Makanan dan Minuman

30 Jul 2025

Akhmad Barizil Hak

Analisis Persebaran Lokasi Bisnis Kedai Kopi di Kabupaten Pamekasan

Optimalkan usaha kedai kopi Anda dengan memahami tren konsumsi kopi dan analisis lokasi menggunakan platform GEO MAPID dan data terkini.

23 menit baca

58 dilihat

1 Proyek

Syarat dan Ketentuan
Pendahuluan
  • MAPID adalah platform yang menyediakan layanan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pengelolaan, visualisasi, dan analisis data geospasial.
  • Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Multi Areal Planing Indonesia, beralamat
  • mapid-ai-maskot