PETA PERSEBARAN KASUS AKTIF COVID-19 DI JAKARTA PUSAT

29/11/2022 • Putri Lupita


PETA PERSEBARAN KASUS AKTIF COVID-19 DI JAKARTA
PUSAT
PETA PERSEBARAN KASUS AKTIF COVID-19 DI JAKARTA PUSAT

LATAR BELAKANG

Pada akhir tahun 2019, dunia digemparkan dengan menyebarnya suatu virus jenis baru (SARS-CoV-2) yang disebut sebagai COVID-19 yang diketahui berasal dari Wuhan, China. Menurut data World Health Organization (WHO), per 28 November 2022, COVID-19 telah menginfeksi sekitar 637.404.847 individu dan memiliki angka kematian 6.608.893 (World Health Organization, 2022).

Di Indonesia sendiri, kasus COVID-19 kembali mengalami lonjakan setelah sempat mereda selama beberapa bulan belakangan. Dikutip dari website covid19.go.id, DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang menyumbang kasus COVID-19 tertinggi di Indonesia.

Jakarta pusat merupakan salah satu kota administrasi yang berada di provinsi DKI Jakarta yang meliputi beberapa kecamatan di antaranya Gambir, Tanah Abang, Menteng, Senen, Cempaka Putih, Kemayoran, Sawah Besar, dan Johar Baru. Dengan tingginya tingkat mobilitas dan kepadatan penduduk di Jakarta Pusat menyebabkan Kembali melonjaknya kasus COVID-19. Dengan adanya kasus tersebut, maka diperlukan sebuah media untuk menginformasikan kasus aktif yang berada di suatu wilayah tertentu.

TUJUAN

Memberi informasi kepada masyarakat mengenai kecamatan di kota Jakarta Pusat yang terpapar virus COVID-19.

METODOLOGI

1. Software

Sofware yang digunakan dalam pembuatan peta persebaran kasus aktif COVID-19 adalah ArcGIS 10.8.

2. Data

Parameter yang dibutuhkan dalam pembuatan peta ini adalah:

a. SHP kota Jakarta Pusat

sumber: tanahair.indonesia.go.id

b. Data kasus positif COVID-19 di Jakarta Pusat

sumber: corona.jakarta.go.id

Tahapan dalam pembuatan peta persebaran kasus aktif COVID-19 di Jakarta Pusat ini adalah dengan input data SHP kota Jakarta pusat setelah itu memasukkan data kasus aktif yang telah diketahui sebelumnya.

HASIL

PETA PERSEBARAN KASUS AKTIF COVID-19 DI JAKARTA
PUSAT

PETA PERSEBARAN KASUS AKTIF COVID-19 DI JAKARTA
PUSAT

Gambar di atas merupakan tampilan peta persebaran kasus positif aktif COVID-19 di Jakarta Pusat per tanggal 27 November 2022.

KESIMPULAN

Berdasarkan data dan peta di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kecamatan Menteng merupakan kecamatan dengan kasus aktif COVID-19 terbanyak di kota Jakarta Pusat. Dengan tingginya jumlah kasus tersebut, masyarakat diharapkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

DAFTAR PUSTAKA

Informasi Statistik COVID-19 Berbasis Kelurahan Provinsi DKI Jakarta. Jakarta Tanggap COVID-19. (2022). Diakses pada 28 November 2022, dari https://corona.jakarta.go.id/id/statistik-covid-19-berbasis-kelurahan

World Health Organization. (2022). Who coronavirus (COVID-19) dashboard. World Health Organization. Diakses pada 28 November 2022, dari https://covid19.who.int/

Data Publications