Survei Donor Plasma Konvalesen di Indonesia

09/07/2021 • Nadia Winda

Survei Data Kebutuhan Donor Plasma Konvalesen di Indonesia

Survei Data Calon Pendonor Plasma Konvalesen di Indonesia


Survei Donor Plasma Konvalesen di Indonesia
Survei Donor Plasma Konvalesen di Indonesia
Seiring meningkatnya jumlah penduduk Indonesia yang membutuhkan donor plasma konvalesen di tengah pandemi COVID-19, PT Multi Areal Planning (MAPID) berinisiatif untuk menyediakan database bagi rekan-rekan yang berkenan mendonorkan darahnya maupun yang membutuhkan donor plasma konvalesen sesuai dengan wilayah geografisnya untuk mempercepat tersalurnya bantuan.

Latar Belakang

Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) yang telah melanda Indonesia selama lebih dari satu tahun ini kembali menunjukkan kondisi yang cukup serius. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatkan kasus yang terkonfirmasi pada rentang bulan Juni hingga Juli 2021 ini. Dilansir dari beberapa artikel berita yang diunggah pada internet, Indonesia memecahkan rekor kasus harian yang hampir mencapai angka 40 ribu kasus per harinya. Hal ini menyebabkan volume pasien pada setiap rumah sakit yang ada di Indonesia tidak dapat terbendung. Tidak hanya itu, jumlah pasien terinfeksi Covid-19 yang meninggal dunia juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Di lain sisi, Indonesia tengah berusaha untuk melaksanakan proses vaksinasi pada setiap daerah. Namun tidak menutup kemungkinan untuk warga yang telah menerima vaksinasi terinfeksi Covid-19, karena masih ada warga yang terinfeksi walaupun sudah menerima dua dosis vaksin.

Dewasa ini tengah populer metode pengobatan baru dalam menghadapi Covid-19, yaitu terapi plasma darah konvalesen. Pada situs Kompas, dijelaskan bahwa plasma darah konvalesen merupakan darah yang diambil dari orang yang telah berhasil sembuh dari Covid-19. Plasma darah tersebut kemudian diberikan kepada pasien yang sedang terinfeksi Covid-19. Pemberian plasma darah konvalesen ini diketahui dapat meredam maupun mengeliminasi Covid-19 serta diharapkan memperbaiki sistem kekebalan tubuh pasien yang sedang terinfeksi Covid-19. Walaupun belum terdapat berita secara resmi yang menyatakan bahwa metode ini dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi, namun terapi plasma darah konvalesen merupakan salah satu opsi yang dapat diterapkan dalam menghadapi Covid-19 selagi menunggu proses vaksinasi yang cenderung lambat. Perlu dipahami kembali bahwa terapi plasma darah ini berbeda dengan vaksin. Plasma darah konvalesen yang diambil dari pendonor harus memenuhi beberapa syarat tertentu, begitu pula dengan pasien sebagai penerimanya.

Saat ini cukup marak informasi yang beredar dari media sosial mulai dari Instagram, Whatsapp, Facebook ataupun kanal lainnya tentang kebutuhan plasma darah konvalesen. Namun informasi ini masih terkotak-kotak dan sulit untuk dikonfirmasi. Melihat adanya permasalahan tersebut, PT Multi Area Planning Indonesia (MAPID) berinisiatif untuk mengkonstruksi sebuah platform yang dapat menjadi perantara bagi para pendonor maupun pihak yang sedang membutuhkan plasma darah konvalesen di Indonesia.

Kriteria pengisi form kebutuhan donor:

  1. 1.
    Pasien terdiagnosis positif COVID-19 melakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium.
  1. 2.
    Pasien membutuhkan transfusi plasma konvalesen.

Kriteria pengisi form calon pendonor:

  1. 1.
    Pernah terkonfirmasi positif COVID-19 melalui hasil swab RT-PCR dan/atau swab antigen.
  1. 2.
    Mendapat surat keterangan sehat atau sembuh dari dokter atau rumah sakit setempat.
  1. 3.
    Telah bebas gejala COVID-19 (demam, batuk, sesak napas, diare) sekurang-kurangnya 14 hari.
  1. 4.
    Usia 18-60 tahun
  1. 5.
    Laki-laki, perempuan yang belum pernah hamil
  1. 6.
    Berat badan minimal 55 kilogram
  1. 7.
    Tidak memiliki penyakit penyerta yang bersifat kronis, seperti gagal ginjal, jantung, kanker, kencing manis, diabetes, darah tinggi tidak terkontrol.
  1. 8.
    Tidak mendapatkan transfusi darah dalam 6 bulan terakhir.

Bagi pasien maupun calon pendonor yang memenuhi kriteria di atas, dipersilakan untuk mengisi form pada link di bawah ini.

Survei Data Kebutuhan Donor Plasma Konvalesen di Indonesia:

form.mapid.io/ButuhDonorPlasma

Survei Data Calon Pendonor Plasma Konvalesen di Indonesia:

form.mapid.io/MauDonorPlasma

Kedua form di atas dirancang untuk terhubung dengan project "Donor Plasma Konvalesen" dimana pihak yang membutuhkan maupun pihak calon pendonor dapat melihat data lokasi responden secara langsung melalui titik-titik yang terlihat pada peta. Melalui visualisasi pada layer yang terlampir pada halaman publikasi ini, pihak yang membutuhkan maupun pihak calon pendonor dapat secara langsung melihat hasil survei sesuai dengan wilayah geografis yang dituju. Melalui hasil pemetaan tersebut, diharapkan dapat mempercepat tersalurnya bantuan donor plasma konvalesen bagi pasien yang membutuhkan.

Apabila ada pertanyaan lanjutan terkait penggunaan project "Donor Plasma Konvalesen", atau bila ada saran dan kritik terkait form, dapat langsung menghubungi:

Instagram

https://www.instagram.com/mapidseeit

Muftia

https://wa.me/6287887500196

Written by:

Indra Dani, Nadia Winda

Data Publications