Apa Yang Dinantikan Tentang Kecerdasan Lokasi

profil Bella Ayu Permata

Bella Ayu Permata

04/04/2023

Ketika membicarakan platform kecerdasan lokasi, biasanya tergantung pada kualitas dan seberapa intuitif solusi kecerdasan lokasi yang mereka tawarkan. Dengan menerapkan kecerdasan lokasi untuk bisnis Anda, berarti menggabungkan analisis data, layanan berbasis lokasi, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) secara bersamaan. Lalu, bagaimana kita bisa tahu platform kecerdasan lokasi yang tepat untuk kita? Apa yang bisa diharapkan tentang kecerdasan lokasi itu sendiri?

SEJARAH

Kecerdasan lokasi telah berkembang pesat hingga seperti sekarang ini. Pada tahun 1854, John Snow membuat peta untuk menentukan penyebab epidemi kolera di London dengan menggunakan geolokasi. Di tahun 1865, dari buku yang ditulis oleh Devens, business intelligence diperkenalkan untuk menganalisis data dalam menjaga keunggulan kompetitif. Setelah dikomersialkan, lebih banyak orang menggunakannya dengan pendekatan mereka. SIG pertama kali dibuat pada tahun 1960 dengan menggabungkan data geografis dan peta. Terkait dengan kemudahan penggunaan dan bawaan SIG, kecerdasan lokasi hadir untuk menyelesaikannya dengan desain yang sederhana. Hingga saat ini, dengan evolusi smartphone, lonjakan data lokasi dan peta telah banyak digunakan dan diekstraksi ke dalam strategi korporat. Teknik big data paling banyak berkontribusi dalam membantu analisis data lokasi menjadi terkenal dalam pengembangan teknologi data lokasi.

BAGAIMANA KECERDASAN LOKASI BEKERJA

Secara sederhana, kecerdasan lokasi mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mengimplementasikan data berbasis lokasi untuk membuat keputusan bisnis. Beberapa data yang diperoleh oleh kecerdasan lokasi adalah informasi demografis, perilaku pelanggan, dan data historis. Setelah itu, akan ditampilkan pada peta untuk mengidentifikasi tren dan pola data. Seluruh proses dalam data lokasi adalah proses berulang, di mana setiap kali data selalu diperbarui, dianalisis, diinterpretasikan, dan diimplementasikan secara konsisten. Langkah-langkah tersebut adalah:

A. Pengumpulan Data, pengambilan dari berbagai sumber, mulai dari sumber secara langsung, online, hingga penyedia data perangkat.

B. Pembersihan Data menghilangkan beberapa data duplikat atau tidak relevan, sehingga data akan dibersihkan dan siap digunakan untuk analisis.

C. Analisis Data, mengidentifikasi pola dan tren data dan menemukan teknik analisis geospasial yang tepat untuk digunakan untuk visualisasi data.

D. Interpretasi Data, memberikan inferensi yang tepat untuk mengubah data menjadi informasi yang operatif.

E. Implementasi Data, menyajikan wawasan data secara real-time.

F. Monitoring Data, melacak hasilnya, dan membuat penyesuaian yang diperlukan secara teratur untuk mengoptimalkan hasilnya.

Berikut adalah beberapa fitur yang harus diperhatikan dalam memilih solusi kecerdasan yang tepat untuk bisnis Anda.

Antarmuka yang Hidup dan Personalisasi

Apakah kita memerlukan platform yang bisa melakukan semuanya untuk kita? Mungkin iya, tetapi lebih baik jika platform tersebut sesuai dengan kebutuhan khusus bisnis Anda. Pahami data analitik dari pesaing langsung maupun tidak langsung Anda. Dari hal tersebut, Anda dapat mengetahui di mana Anda dapat menempatkan merek Anda dibandingkan dengan pesaing Anda. Bagaimana dengan laporan? Sangat membantu jika laporan tersebut memungkinkan kita untuk bermain-main dengan grafik, diagram, dan tabel secara bebas. Dengannya, kita memiliki pemahaman yang mendalam tentang data kita sampai ke tingkat paling detail.

Aktifkan Wawasan

Selanjutnya, buat beberapa wawasan. Dengan beberapa alat yang disediakan, Anda harus dapat mengaktifkan wawasan data mereka dengan beberapa klik tombol atau perintah. Dengan ini, Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan mendapatkan analitik lokasi untuk digabungkan ke dalam strategi bisnis dan pemasaran. Target audiens segmen apa yang ingin kita tetapkan sebagai pelanggan utama? Apa peluang bagi kita untuk merebut pelanggan pesaing lain di lokasi yang berdekatan? Dan pelbagai pertanyaan spasial lainnya dapat dijawab oleh wawasan.

Ketersediaan Data Tanpa Kesalahan

Analitik dan wawasan yang bermakna tidak akan ada tanpa data yang tepat dan akurat. Bayangkan jika platform kecerdasan lokasi yang akan Anda gunakan menyediakan banyak data tepercaya untuk Anda gunakan. Begitu Anda memahami sumber data, bagaimana data dikumpulkan, dan apakah jumlah set data cukup untuk mendukung data Anda dalam memperoleh wawasan, itu sudah cukup. Optimasi proses bisnis teratas, rekomendasi pengambilan keputusan, dan pengalaman pelanggan yang ditingkatkan adalah satu-satunya hal yang dapat Anda dapatkan darinya.

Kecerdasan lokasi dapat memberikan sudut pandang yang lebih baik ke dalam aliran data audiens yang ditargetkan. Perangkat lunak untuk kecerdasan lokasi bisa menjadi suatu keharusan untuk ada bagi sebuah perusahaan dalam melakukan aktivitas bisnis sehari-hari mereka. MAPID dapat menjadi pilihan utama untuk platform kecerdasan lokasi. Kami selalu mencoba memanfaatkan platform kami untuk setiap industri dan tujuan dalam bisnis.

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi untuk mencoba MAPID sekarang. Baca lebih banyak artikel spasial di situs web ini dan jangan lupa untuk membagikannya.