Hubungan Data Spasial dengan Keamanan Nasional

profil Bella Ayu Permata

Bella Ayu Permata

20/03/2023

Menurut IBM, data spasial adalah pengetahuan yang menggambarkan hal-hal, kejadian, atau fitur lain yang ditemukan di atau dekat dengan permukaan bumi. Karena berhubungan dengan data lokasi secara umum, data spasial sangat penting untuk keamanan nasional. Mulai dari mengidentifikasi, menganalisis, merespons, dan merencanakan operasi. Pentingnya pengumpulan dan analisis data yang tepat dan tepat waktu dapat membantu pemerintah dalam melacak potensi pergerakan pasukan musuh atau mengidentifikasi ancaman teroris di depan umum. Oleh karena itu, data spasial sangat dibutuhkan untuk mendukung keamanan negara.

INTRO

Segala sesuatu tentang keamanan data spasial harus memenuhi standar pemerintah. Biasanya, informasi tersebut termasuk dalam kebijakan data spasial setiap negara. Peran pengguna seperti apa yang dapat mengontrol dan mengakses basis data spasial untuk berbagai tujuan? Pemerintah harus menerapkan dan memastikan bahwa data spasial selalu aman dan terlindungi. Setiap penyalahgunaan atau praktik yang tidak jujur terkait informasi data spasial merupakan pelanggaran dan pelanggaran terhadap kebijakan pembagian dan penanganan data spasial. Dari kebijakan tersebut, tidak hanya lembaga pemerintah saja yang harus menaati peraturan tersebut, namun juga lembaga nonpemerintah dan pihak swasta. Jadi, ketika sebuah perusahaan membuat platform spasial, platform tersebut sudah dikembangkan dan digunakan berdasarkan pedoman kebijakan data spasial.

TANTANGAN

Ada pepatah yang mengatakan 'data ada di mana-mana, tetapi ketika dicari di mana-mana, tidak ada data'. Itulah dasar mengapa kami memiliki Kebijakan Satu Peta yang melibatkan 24 kementerian/lembaga, 34 provinsi (pada saat pertama kali dirilis), dan 158 peta tematik sejak tahun 2016. Tujuannya adalah untuk menghilangkan tumpang tindih pemanfaatan ruang dan masalah konflik agraria di masyarakat. Lalu, apa tantangan agar semua ini dapat tercapai di Indonesia dalam mewujudkan keamanan nasional?

Ada dua hal utama. Pertama, terlalu banyak sumber yang dapat diakses untuk sebuah proyek yang hanya berupa layer atau peta. Setiap kementerian atau lembaga memiliki sumber untuk mendapatkan file dari area yang sama di lapangan. Hal ini mempersulit dan memakan banyak waktu untuk mengkompilasi, mengintegrasikan, mensinkronisasi, dan berbagi data spasial. Kedua, akurasi data. Bagaimana seseorang dapat memastikan bahwa datanya akurat dan valid? Di sinilah lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah sangat dibutuhkan. Untuk memverifikasi data dan ketika data tersebut terbuka untuk publik, semua orang memiliki data yang tepat untuk mereka gunakan. Ketika kita dapat menjangkau itu semua, hal tersebut akan menjadi fitur kunci untuk hampir semua data pemerintah. Kapanpun aset informasi spasial dibutuhkan, aset tersebut sudah ada dalam proses pembuatan, sudah tersedia, dan yang paling penting adalah dapat dioperasikan oleh semua orang yang terkait dengan pemerintah yang membutuhkannya.

MANFAAT

Pernahkah Anda ingin mengetahui gambaran yang jelas tentang apa yang terjadi di area tertentu secara real-time? Ini adalah salah satu dari banyak manfaat yang ditawarkan oleh data spasial kepada kita. Hal-hal seperti tanggap bencana dan melacak pergerakan orang dapat diketahui dengan cepat, dan ini sangat berharga.

Siapa bilang kita hanya bisa mengetahui kejadian yang baru saja terjadi? Mari kita bicara tentang masa depan. Dengan menganalisis pola dan tren dari data spasial, kita dapat mencegah beberapa kejadian yang tidak diinginkan seperti upaya kontraterorisme dan merespons dengan lebih baik terhadap kesiapsiagaan bencana.

Singkatnya, data spasial menawarkan lebih dari yang kita bayangkan untuk tujuan pengambilan keputusan yang sejalan dengan pergerakan cepat teknologi geospasial saat ini. Memanfaatkan data spasial secara menyeluruh berarti menggabungkannya ke dalam data pemerintah dalam mengumpulkan, mengelola, dan mendistribusikan data yang sangat berharga untuk mekanisme antarpemerintah terkait dan elemen-elemen yang berhubungan dengan keamanan nasional.

Terakhir, ini adalah pertanyaan yang perlu kita pikirkan. Apakah Indonesia sudah menyoroti data spasial untuk keamanan nasional dengan baik seperti saat ini? Suka dengan artikel ini? Baca lebih banyak artikel spasial lainnya di website ini dan jangan lupa untuk membagikannya.