Mengenal Location Analytics: Manfaat dan Penerapannya

profil Moch. Romy Ramadhani

Moch. Romy Ramadhani

26/07/2024

Artikel ini menjelaskan mengenai pengertian location analytics, manfaat location analytics, dan penerapan location analytics dalam berbagai industri.

Semakin banyaknya layanan berbasis lokasi dan penggunaan teknologi untuk mendeteksi lokasi/aktivitas dalam keseharian kita, muncul juga sejumlah besar data berbasis lokasi (LocBigData). Beberapa contoh umum dari data tersebut termasuk: data pelacakan atau penginderaan seperti lintasan GPS orang, data ponsel yang memiliki referensi geografis; data dari media sosial seperti data Twitter; dan informasi geografis lainnya yang dikumpulkan dari banyak orang. Selain itu, data lokasi dalam bisnis memiliki peran yang sangat signifikan oleh karena itu muncul istilah location analytics.

Pengertian Location Analytics

Location analytics adalah penggunaan teknologi sistem informasi geografis (GIS) yang digabungkan dengan data bisnis dan data geospasial untuk memberikan insight berharga keputusan bisnis. Namun, ini bukan hanya tentang menempatkan data pada peta. Proses ini mencakup pengumpulan, pengelolaan, dan analisis informasi geografis yang dapat memberikan keuntungan strategis bagi bisnis. Location analytics tidak hanya mengubah data menjadi insight yang dapat digunakan, tetapi juga membantu membuka potensi suatu lokasi bagi bisnis. Menggunakan location analytics, bisnis dapat memahami perilaku konsumen, memantau tren pasar, memahami people traffic dan banyak lagi. Menurut ArcNews, location analytics berfokus pada "pemetaan tematik dan analisis spasial dalam analisis bisnis."

Manfaat Location Analytics

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk menyadari pentingnya faktor geografis dalam bisnis mereka. Location analytics menampilkan hasil analisis dalam bentuk peta, sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna awam. Dengan cara ini, mereka dapat dengan mudah mendapatkan insight bisnis yang mungkin tidak terlihat jika data hanya ditampilkan dalam bentuk tabel, statistik, atau grafik tradisional.

Manfaat yang dapat didapatkan oleh pelaku bisnis apabila menggunakan location analytics:

  • Mudah dimengerti oleh semua kalangan

Dengan menggunakan location analytics, bisnis dapat mengubah berbagai jenis data menjadi peta 2D yang mudah dipahami, bahkan oleh yang bukan ahlinya. Ini memudahkan komunikasi antar karyawan karena semua orang bisa melihat dan memahami informasi yang sama dengan lebih jelas.

  • Menghubungkan data dengan dunia nyata

Menampilkan data dalam bentuk peta memberikan pemahaman yang jelas tentang hubungan antara lokasi dan berbagai fitur lainnya.

  • Memberikan insight yang membuat proses pengambilan keputusan lebih optimal

Location analytics memberikan pengguna analisis geografis mendalam yang bisa digunakan untuk membuat prediksi dan optimasi lain yang berkaitan dengan lokasi.

Penerapan Location Analytics dalam Berbagai Industri

Bagaimana penerapan location analytics dalam berbagai industri?

  • Ritel

Lokasi sangat penting dalam bisnis ritel karena lokasi yang strategis memudahkan pengiriman dan persediaan, serta meningkatkan pendapatan. Dengan mengetahui di mana konsumen tinggal, apa yang mereka beli, performa toko-toko yang dimiliki, serta rute distribusi dan pengiriman, pelaku bisnis ritel dapat memperoleh wawasan baru untuk mengoptimalkan penjualan mereka. Location analytics membantu bisnis ritel meningkatkan ROI (return on investment) dengan memberikan wawasan yang akurat dan tepat tentang performa bisnis dan potensi yang ada. Selain itu, location analytics juga dapat meningkatkan penjualan dengan mengidentifikasi produk atau layanan yang dibutuhkan konsumen dan lokasi yang membutuhkannya. Ini memungkinkan ritel untuk membuat keputusan bisnis, seperti mengembangkan produk baru atau melakukan inovasi pada produk yang ada.

Melalui location analytics, ritel dapat dengan mudah melihat berapa banyak toko yang menjadi mitra dan lokasinya, toko mana yang memiliki performa penjualan yang baik dan mana yang perlu ditingkatkan, serta seberapa efisien setiap tahap dalam rantai pasokan.

  • Transportasi dan Logistik

Dengan menampilkan data lokasi dalam bentuk peta, bisnis transportasi dan logistik bisa melihat rute mana yang paling efisien dan cepat untuk mencapai tujuan. Rute yang efektif ini bisa mengurangi konsumsi bahan bakar dan waktu tunggu. Selain itu, location analytics juga dapat meningkatkan produktivitas armada dan mengoptimalkan penggunaan kendaraan, sehingga pelaku bisnis dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya operasional.

  • Properti

Selain ritel dan transportasi, perusahaan properti juga bisa memanfaatkan location analytics dalam proses bisnis mereka. Analisis ini membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan data, mulai dari mencari lokasi, investasi, kampanye pemasaran, hingga operasional bisnis.

Location analytics memberikan wawasan bisnis secara real-time, seperti menganalisis data mobilitas seperti jumlah orang yang lewat (foot traffic), mengetahui harga kawasan ekonomi terbaru di suatu area, dan minat terhadap sebuah properti. Selain itu, location analytics juga membantu perusahaan properti mengoptimalkan rute kerja agen mereka dan mengidentifikasi area yang berisiko.

  • Industri Lainnya

Melihat prinsip dan fungsional location analytics bagi bisnis, teknologi ini dapat diimplementasikan pada beragam bisnis. Mulai dari perusahaan terkait kesehatan, otomotif, hingga jaringan. Setiap bisnis yang berhubungan dengan konsumen maupun market pada umumnya dapat memanfaatkan location analytics.

Manfaatkan Location Analytics pada Bisnis Anda

Kita telah membahas apa dan bagaimana location analytics esensial bagi sebuah perusahaan dan organisasi. Sekarang giliran Anda untuk memaksimalkan kesempatan memanfaatkan location location analytics untuk beragam usaha Anda. MAPID lewat beragam produknya seperti GEO MAPID, SINI AI, FORM MAPID dan INSIGHT MAPID dapat mengoptimalkan location analytics untuk dorong produktivitas bisnis anda.

Eksplorasi lebih lanjut bagaimana location analytics MAPID dapat mencapai tujuan Anda!

Referensi

Huang Haosheng, & Yao Xiaobai. (2021). Analytics of location-based big data for smart cities: Opportunities, challenges, and future directions. Computers Environment and Urban Systems, 90(2).

Miah Shah Jahan. (n.d.). A Location Analytics Method for the Utilisation of Geotagged Photos in Travel Marketing Decision-Making. Journal of Information and Knowledge Management, 18(1).

Bhumi Varta Technology. (2022, June 6). Location Analytics: Inilah Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkannya. Bvarta. https://bvarta.com/id/location-analytics-inilah-alasan-mengapa-bisnis-membutuhkannya/

Harmon Marina. (2023, August 28). Location Analytics: The Ultimate Guide To Understanding Areas of Interest. Unacast. https://www.unacast.com/post/location-analytics

#article

24 article


Pentingnya Data Lokasi dalam Decision Making untuk Bisnis Maupun Pemerintahan

Big Data: Mengapa Semua Orang Membicarakannya?

IoT: Di Balik Revolusi Teknologi yang Menggerakkan Dunia Modern

Location Analytics dan Privasi Data Personal: Apa yang Perlu Diketahui Tanpa Khawatir

Membangun Kota Masa Depan: Mengatasi Tantangan dengan Data Real-Time dan Teknologi Lokasi

Fleet Management System: Strategi Cerdas untuk Menaklukkan Tantangan Operasional yang Kompleks

Lebih dari Sekadar Grafik: Potensi Geo Visualisasi di BI Dashboard untuk Bisnis

Revolusi dalam Mitigasi Banjir: Bagaimana Teknologi Geospasial Meminimalkan Dampak Bencana

Mendorong Transformasi UMKM Melalui Transit-Oriented Development di Kawasan Perkotaan Indonesia

Geotagging: Fitur Kecil yang Diam - Diam Menyimpan Semua Lokasimu!

Peran Location Analytics dalam Politik: Studi Kasus Pemilu Presiden Amerika Serikat

Revolusi Valuasi Aset di Perbankan: Mengapa Efisiensi Adalah Kunci di Era Digital

Location Analytics: Solusi Revolusioner untuk Ketahanan Pangan

Menyingkap Potensi K-Means Clustering untuk Optimalisasi Sales Territory

Data Spasial: Pengertian, Tipe, dan Pemanfaatannya

Smart City: Konsep dan Manajemen

Apa itu Data Geospasial dan Bagaimana Pemanfaatannya?

Mengenal Location Intelligence dan Manfaatnya untuk Bisnis

Masa Depan Peta 3D

Keamanan dan Privasi Data Spasial Era Kini

Apa Yang Dinantikan Tentang Kecerdasan Lokasi

Hubungan Data Spasial dengan Keamanan Nasional

Panduan Geospasial untuk Amatir

Tren Industri Geospasial di 2023

#product

5 article


#news

4 article


#achievement

3 article