PENDAHULUAN
Cafe telah menjadi tempat bagi masyarakat khususnya kawula muda untuk berkumpul dan bercengkrama. Hal ini menjadikan cafe sebagai tempat yang populer bagi kaum milinenial, sehingga membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam bisnis adalah dengan menggunakan geomarketing. Pendekatan ini memungkinkan analisis berbasis geografis dalam penentuan lokasi strategis untuk membuka cafe.
MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan proyek ini adalah untuk menentukan potensi kesesuaian wilayah di sekitar MRT Stasiun ASEAN untuk membuka usaha cafe.
DATA
Data yang digunakan dalam proyek ini adalah sebagai berikut:
1. Jalur MRT Jakarta
2. Stasiun MRT Jakarta
3. Penggunaan Lahan Provinsi DKI Jakarta
4. Zona Nilai Tanah Jakarta Selatan
5. Histori Banjir Jakarta
6. SINI mapid
7. Persebaran Cafe sekitar stasiun ASEAN
METODE
HASIL
Hasil kesesuaian wilayah untuk pembukaan cafe di sekitar stasiun ASEAN menunjukkan bahwa wilayah yang cukup sesuai berada di kelurahan Kramat Pela. Hal ini dikarenakan beberapa hal, seperti penggunaan lahan yang didominasi oleh kawasan pemukiman dan merupakan wilayah yang bebas banjir selama 5 tahun terakhir. selain itu, pesaing di wilayah tersebut juga tidak banyak sehingga memberikan peluang lebih bagi pelaku usaha.