Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun Kendaraan Listrik di Jakarta

27 Maret 2022

By: Faisal Anshory

Open Data

Halte Transjakarta

Open Data

Jalur Transjakarta

Open Data

Batas Kelurahan DKI Jakarta

Open Data

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Open Data

Kesesuaian Lokasi

Open Project

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Jakarta

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta
Kendaraan listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Diantaranya adalah kendaraaan tidak menghasilkan emisi dan bahan bakarnya relatif lebih murah sehingga mampu menjaga keramahan lingkungan. Meskipun demikian, kurangnya infrastruktur dapat membatasi minat masyarakat untuk penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Hal tersebut dapat digunakan dengan sistem pendukung keputusan metode AHP dengan memanfaatkan data spasial.

PENDAHULUAN

Transisi dari penggunaan kendaraaan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik dapat membuka jalan menuju sistem transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Meskipun demikian, keterbatasan dari ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik masih menjadi salah satu hambatan dan penyebab range anxiety dalam adopsi masal transisi tersebut, khususnya di kota besar di Indonesia. Salah satunya adalah DKI Jakarta yang memiliki tingkat motorisasi yang tinggi. Projek ini dibuat dengan tujuan untuk untuk mengukur dan mengidentifikasi lokasi strategis dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di DKI Jakarta kedepannya.

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

DATA DAN METODE

Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber. Adapun data yang digunakan dalam analisis ini antara lain:

1. Data Halte dan Jalur Transjakarta (Sumber: Jakarta Satu)

2. Data Stasiun KRL (Sumber: BIG)

3. Data Batas Administrasi (Sumber: Jakarta Satu)

4. Data Kepadatan Penduduk (Sumber: Open Data Jakarta)

5. Data Persebaran Pusat Kegiatan (Sumber: Jakarta Satu)

6. Data Stasiun Kendaraan Listrik yang Sudah Ada (Sumber: Google Maps)

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

Pengolahan data dilakukan pembuatan buffer terhadap parameter halte transjakarta dan stasiun KRL. Dimana diasumsikan dengan jarak 800 m dapat ditempuh 10 menit dengan jalan kaki. Selanjutnya dari buffer yang telah dibentuk, dilakukan analisis kesesuaian dengan anggapan:

1. Lokasi semakin tidak sesuai jika berdekatan dengan stasiun kendaraan listrik eksisting,

2. Lokasi semakin tidak sesuai jika berdekatan dengan halte transjakarta dan stasiun KRL karena kebutuhan untuk menggunakan kendaraan pribadi semakin kecil,

3. Lokasi semakin sesuai jika berdekatan dengan titik-titik pusat kegiatan,

4. Lokasi semakin sesuai jika berada di kawasan dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Pembobotan terhadap parameter menggunakan pendekatan AHP (Analytical Hierarchy Process). Penilaian terhadap setiap data berdasarkan studi literatur dan penelitian yang sudah ada, yang kemudian dihitung kembali berdasarkan ketersediaan data yang dimiliki. Nilai bobot untuk setiap data adalah sebagai berikut:

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan hasil klasifikasi terhadap penilaian kesesuaian lokasi dengan metode AHP yang sudah dilakukan. Daerah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan memiliki banyak sebaran lokasi dengan kecocokan yang tinggi. Hal ini akibat densitas stasiun kendaraan listrik yang sudah ada relatif hanya terpusat di Jakarta Pusat. Sehingga, area dengan nilai kesesuaian tinggi tersebar di sekitar pusat densitas stasiun untuk memenuhi kebutuhan stasiun di tempat lainnya dan mengurangi range of anxiety dari proses transisi ke kendaraan listrik.

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

DAFTAR PUSTAKA

Karolemeas C, Tsigdinos S, Tzouras PG, Nikitas A, Bakogiannis E. Determining Electric Vehicle Charging Station Location Suitability: A Qualitative Study of Greek Stakeholders Employing Thematic Analysis and Analytical Hierarchy Process. Sustainability. 2021; 13(4):2298. https://doi.org/10.3390/su13042298

Data Publikasi

Evaluasi Kesesuaian Zonasi Peta Bahaya Nasional terhadap Potensi Sesar Aktif di Koridor Jalur Sesar Lembang, Jawa Barat

Iklim dan Bencana

11 Jul 2025

IMPI Koordinator Wilayah Bandung Raya

Evaluasi Kesesuaian Zonasi Peta Bahaya Nasional terhadap Potensi Sesar Aktif di Koridor Jalur Sesar Lembang, Jawa Barat

Artikel ini berisi evaluasi mengenai kesesuaian zonasi bahaya gempa pada Peta Bahaya Gempa Nasional dengan keberadaan sesar aktif di jalur Sesar Lembang, Jawa Barat. Menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif melalui analisis spasial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG), penelitian ini akan memberikan beberapa rekomendasi dari hasil evaluasi yang ada.

15 menit baca

40 dilihat

Analisis Surface Urban Heat Island (SUHI) Menggunakan Google Earth Engine di Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2016 – 2020

Iklim dan Bencana

10 Jul 2025

IMPI Koordinator Wilayah Bandung Raya

Analisis Surface Urban Heat Island (SUHI) Menggunakan Google Earth Engine di Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2016 – 2020

Artikel kali ini membahas mengenai fenomena Surface Urban Heat Island (SUHI) di Kabupaten Manggarai Timur, Indonesia, selama periode 2016-2020 dengan menggunakan Google Earth Engine (GEE). Dengan menilik perubahan aktivitas kegiatan manusia saat Pandemi Covid-19, dilakukan pengidentifikasian perubahan SUHI di kawasan tersebut.

18 menit baca

25 dilihat

Analisis Dampak Lockdown COVID-19 terhadap Kualitas Vegetasi dan Pola Urban Sprawl di Jakarta Menggunakan Google Earth Engine

Lingkungan

10 Jul 2025

HIMA SAIG UPI

Analisis Dampak Lockdown COVID-19 terhadap Kualitas Vegetasi dan Pola Urban Sprawl di Jakarta Menggunakan Google Earth Engine

Penelitian ini menganalisis dampak lockdown COVID-19 (April-Juni 2020) terhadap kualitas vegetasi dan kondisi lingkungan di Jakarta menggunakan citra satelit dari Google Earth Engine. Studi ini membandingkan periode pra-COVID (2019), lockdown (2020), dan pasca-COVID (2021-2023) melalui indeks vegetasi (NDVI, EVI, SAVI), suhu permukaan tanah (LST), dan konsentrasi nitrogen dioksida (NO₂). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada indeks vegetasi, terutama di wilayah peri-urban, mencerminkan pemulihan ekologis akibat berkurangnya aktivitas antropogenik. Namun, suhu permukaan tanah di urban core justru meningkat, mengindikasikan bahwa struktur fisik kota lebih memengaruhi iklim mikro daripada aktivitas manusia semata. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas lingkungan urban sangat dipengaruhi oleh faktor spasial dan sosiodemografis, menyoroti perlunya transformasi tata ruang yang adil dan berkelanjutan, bukan hanya pengurangan aktivitas sementara, untuk resiliensi lingkungan.

21 menit baca

60 dilihat

1 Proyek

Final Project : Analisis Kerawanan Bencana Erupsi Gunung Merapi Lokasi Wisata di Kabupaten Sleman

Iklim dan Bencana

15 Jun 2025

Anggara Yudha

Final Project : Analisis Kerawanan Bencana Erupsi Gunung Merapi Lokasi Wisata di Kabupaten Sleman

Analisis Kerawanan

5 menit baca

247 dilihat

Syarat dan Ketentuan
Pendahuluan
  • MAPID adalah platform yang menyediakan layanan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pengelolaan, visualisasi, dan analisis data geospasial.
  • Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Multi Areal Planing Indonesia, beralamat
  • mapid-ai-maskot