Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun Kendaraan Listrik di Jakarta

27 March 2022

By: Faisal Anshory

Open Data

Halte Transjakarta

Open Data

Jalur Transjakarta

Open Data

Batas Kelurahan DKI Jakarta

Open Data

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Open Data

Kesesuaian Lokasi

Open Project

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Jakarta

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta
Kendaraan listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Diantaranya adalah kendaraaan tidak menghasilkan emisi dan bahan bakarnya relatif lebih murah sehingga mampu menjaga keramahan lingkungan. Meskipun demikian, kurangnya infrastruktur dapat membatasi minat masyarakat untuk penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Hal tersebut dapat digunakan dengan sistem pendukung keputusan metode AHP dengan memanfaatkan data spasial.

PENDAHULUAN

Transisi dari penggunaan kendaraaan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik dapat membuka jalan menuju sistem transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Meskipun demikian, keterbatasan dari ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik masih menjadi salah satu hambatan dan penyebab range anxiety dalam adopsi masal transisi tersebut, khususnya di kota besar di Indonesia. Salah satunya adalah DKI Jakarta yang memiliki tingkat motorisasi yang tinggi. Projek ini dibuat dengan tujuan untuk untuk mengukur dan mengidentifikasi lokasi strategis dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di DKI Jakarta kedepannya.

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

DATA DAN METODE

Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber. Adapun data yang digunakan dalam analisis ini antara lain:

1. Data Halte dan Jalur Transjakarta (Sumber: Jakarta Satu)

2. Data Stasiun KRL (Sumber: BIG)

3. Data Batas Administrasi (Sumber: Jakarta Satu)

4. Data Kepadatan Penduduk (Sumber: Open Data Jakarta)

5. Data Persebaran Pusat Kegiatan (Sumber: Jakarta Satu)

6. Data Stasiun Kendaraan Listrik yang Sudah Ada (Sumber: Google Maps)

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

Pengolahan data dilakukan pembuatan buffer terhadap parameter halte transjakarta dan stasiun KRL. Dimana diasumsikan dengan jarak 800 m dapat ditempuh 10 menit dengan jalan kaki. Selanjutnya dari buffer yang telah dibentuk, dilakukan analisis kesesuaian dengan anggapan:

1. Lokasi semakin tidak sesuai jika berdekatan dengan stasiun kendaraan listrik eksisting,

2. Lokasi semakin tidak sesuai jika berdekatan dengan halte transjakarta dan stasiun KRL karena kebutuhan untuk menggunakan kendaraan pribadi semakin kecil,

3. Lokasi semakin sesuai jika berdekatan dengan titik-titik pusat kegiatan,

4. Lokasi semakin sesuai jika berada di kawasan dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Pembobotan terhadap parameter menggunakan pendekatan AHP (Analytical Hierarchy Process). Penilaian terhadap setiap data berdasarkan studi literatur dan penelitian yang sudah ada, yang kemudian dihitung kembali berdasarkan ketersediaan data yang dimiliki. Nilai bobot untuk setiap data adalah sebagai berikut:

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan hasil klasifikasi terhadap penilaian kesesuaian lokasi dengan metode AHP yang sudah dilakukan. Daerah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan memiliki banyak sebaran lokasi dengan kecocokan yang tinggi. Hal ini akibat densitas stasiun kendaraan listrik yang sudah ada relatif hanya terpusat di Jakarta Pusat. Sehingga, area dengan nilai kesesuaian tinggi tersebar di sekitar pusat densitas stasiun untuk memenuhi kebutuhan stasiun di tempat lainnya dan mengurangi range of anxiety dari proses transisi ke kendaraan listrik.

Analisis Kesesuaian Lokasi untuk Pembangunan Stasiun
Kendaraan Listrik di Jakarta

DAFTAR PUSTAKA

Karolemeas C, Tsigdinos S, Tzouras PG, Nikitas A, Bakogiannis E. Determining Electric Vehicle Charging Station Location Suitability: A Qualitative Study of Greek Stakeholders Employing Thematic Analysis and Analytical Hierarchy Process. Sustainability. 2021; 13(4):2298. https://doi.org/10.3390/su13042298

Data Publications

🧭 "6 Rute Wisata Rekomendasi untuk Jelajah Bintan"

Tourism

07 May 2025

Ziada Azkia Najda

🧭 "6 Rute Wisata Rekomendasi untuk Jelajah Bintan"

Temukan bagaimana teknologi GIS mengubah cara kita menjelajah Bintan! Artikel ini mengulas strategi penataan rute wisata berdasarkan data spasial dan potensi destinasi, menghasilkan enam rute terbaik dari tiga pintu utama. Cocok untuk wisatawan harian maupun pelancong yang ingin menyelami pesona Bintan secara mendalam—dari pantai tropis, desa wisata, hingga hutan mangrove.

18 min read

57 view

3 Data

1 Projects

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang Termasuk pada Zonasi Sekolah A, Kota Bandung

Transportation

07 May 2025

Fajrin Meilani Azzahra Zain

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang Termasuk pada Zonasi Sekolah A, Kota Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterjangkauan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di zona A Kota Bandung, yang meliputi delapan kecamatan dan 22 sekolah, berdasarkan sistem zonasi penerimaan siswa baru. Sistem zonasi, yang diimplementasikan secara penuh sejak 2018, bertujuan meningkatkan pemerataan akses pendidikan dengan menetapkan radius maksimal domisili calon siswa ke sekolah (3 km untuk SMP). Namun, keberadaan siswa di luar radius zonasi dan keterbatasan jangkauan berjalan kaki (maksimal 1,2 km dalam 20 menit berdasarkan kecepatan rata-rata siswa) tetap memunculkan kebutuhan transportasi. Penelitian ini menggunakan analisis isokron dengan batasan waktu tempuh berjalan kaki siswa (5, 10, 15, dan 20 menit) untuk mengevaluasi keterjangkauan sekolah dalam zona A. Hasil analisis isokron ini akan dibandingkan dengan radius zonasi 3 km yang ditetapkan untuk SMP, guna memahami apakah radius tersebut sejalan dengan kemampuan siswa untuk mencapai sekolah dengan berjalan kaki dalam rentang waktu yang wajar. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemenuhan kebutuhan transportasi sekolah siswa SMP di Kota Bandung, khususnya dalam konteks implementasi sistem zonasi.

17 min read

105 view

Analisis Potensi Bencana Alam Banjir Terhadap Kawasan Terbangun Industri Kabupaten Sumbawa

Climate & Disaster

07 May 2025

Ryandana Adi Nugraha

Analisis Potensi Bencana Alam Banjir Terhadap Kawasan Terbangun Industri Kabupaten Sumbawa

Kabupaten Sumbawa terletak pada provinsi Nusa Tenggara Barat. Dilihat dari segi geografis letak Kabupaten Sumbawa terutama Kecamatan sumbawa memiliki potensi sebagai daerah pusat perekonomian yang mana menjadi nilai ekonomis untuk dibangun industri di area tersebut. Namun, daerah tersebut memiliki potensi banjir baik banjir rob ataupun banjir akibat intensitas hujan yang tinggi. Hal ini menjadikan area industri yang berada di Sumbawa dan sekitarnya memiliki potensi untuk terdampak banjir. Meskipun berisiko, bisnis sering memilih untuk berlokasi di daerah rawan banjir karena keuntungan strategis seperti kedekatan dengan bisnis terkait dan fasilitas umum. Manfaat ekonomi dapat lebih besar daripada dampak buruk banjir, sehingga mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi manajemen risiko banjir struktural dan non-struktural (Rwehumbiza 2021).

19 min read

80 view

1 Projects

Penentuan Lokasi Rencana Tempat Pengungsian Banjir Berdasarkan Sebaran Kelompok Rentan dan Zona Bahaya di Kota Bogor

Climate & Disaster

07 May 2025

Zelina Mariyori Wazlir

Penentuan Lokasi Rencana Tempat Pengungsian Banjir Berdasarkan Sebaran Kelompok Rentan dan Zona Bahaya di Kota Bogor

Analisis penentuan lokasi tempat pengungsian banjir di Kota Bogor menunjukkan bahwa tujuh sekolah berada dalam kategori sangat layak berdasarkan kombinasi kriteria spasial dan distribusi kelompok rentan di zona bahaya banjir. Titik-titik ini berada di kelurahan prioritas dan dapat dijangkau dalam radius ≤ 500 meter oleh populasi terdampak dengan berjalan kaki, sehinga dapat menjadi lokasi prioritas untuk evakuasi darurat. Sekolah juga menjadi alternatif yang fungsional dan strategis dalam mendukung upaya pengurangan risiko bencana banjir secara inklusif dan tepat sasaran.

20 min read

68 view

4 Data

1 Projects

Terms and Conditions
Introductions
  • MAPID is a platform that provides Geographic Information System (GIS) services for managing, visualizing, and analyzing geospatial data.
  • This platform is owned and operated by PT Multi Areal Planing Indonesia, located at
  • mapid-ai-maskot