Basemap

20/10/2020 • Wahyu Ramadhan

$firstDoc['title']

Di bagian atas halaman GEO MAPID Editor, Anda akan menemukan toolbox peta dasar (basemap) yang memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan peta dasar dari peta. Terdapat empat jenis tampilan basemaps yang tersedia yaitu, Street, Light, Dark, dan Satellite.

$firstDoc['title']

1. Street

Tampilan peta dasar Street menampilkan berbagai informasi yang terdapat pada permukaan bumi seperti toponimi wilayah administrasi (desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi), kenampakan alam (sungai, gunung, danau, waduk laut, dan lainnya), serta objek lain (bangunan, jaringan jalan, dan batas administrasi).

$firstDoc['title']

2. Light

Tampilan peta dasar Light menampilkan tampilan peta sejenis dengan peta dasar Street. Hal yang membedakan keduanya, peta dasar Light memiliki tema keseluruhan berwarna putih atau terang pada setiap objek di dalam petanya. Tampilan ini tidak akan menghilangkan segala informasi dari peta yang disajikan.

$firstDoc['title']

3. Dark

Tampilan peta dasar Dark menampilkan tampilan peta sejenis dengan peta dasar Street. Bedanya, peta dasar Dark memiliki tema keseluruhan berwarna kehitaman atau gelap. Tidak akan ada informasi yang hilang dari peta yang disajikan meskipun ditampilkan dengan opsi peta dasar ini.

$firstDoc['title']

4. Satellite

Peta dasar Satellite menampilkan gambar kenampakan permukaan bumi yang bersumber dari citra satelit. Tampilan ini akan membantu Anda dalam menggambar atau digitasi suatu fitur agar lebih sesuai dengan bentuk dan pengelompokkan objek sebenarnya di atas permukaan bumi.

$firstDoc['title']