Seleksi Data Menggunakan Analyze 3D

22/10/2020 • Wahyu Ramadhan

$firstDoc['title']

Platform Analyze 3D memiliki fitur untuk menyeleksi data yang akan ditampilkan di dalam peta yaitu Filter Data. Fitur ini terletak di atas tabel atribut dari layer yang sedang aktif.

$firstDoc['title']

Untuk mengoperasikan fitur ini, pastikan layer yang Anda miliki aktif sehingga dapat menampilkan tabel atribut.

$firstDoc['title']

Pilih kolom yang akan kita filter datanya. Sebagai contoh, kita akan menggunakan kolom jumlah penduduk per kelurahan.

$firstDoc['title']

Sebagai contoh, kita akan mencari kelurahan yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 10 ribu. Ketik angka beserta operator matematikanya untuk mencari data-data tersebut yaitu <10000. Setelah itu, fitur yang ditampilkan akan otomatis hanya daerah yang memiliki penduduk kurang dari 10 ribu. Tabel atribut juga hanya menampilkan data-data dari fitur yang muncul pada peta.

$firstDoc['title']

Sebagai tambahan, berikut ini adalah operasi matematika yang didukung oleh platform 3D Analyze berkaitan filter data:

a. == : Hasil yang ditampilkan (angka ataupun teks) akan sama dengan yang ditulis pada kolom pencarian (parameter).

b. != : Hasil (angka ataupun teks) akan menampilkan selain/kecuali dengan yang ditulis pada kolom pencarian (parameter).

c. > : Hasil yang ditampilkan akan lebih besar daripada nilai yang ditulis pada kolom, namun tidak termasuk nilai yang dicari termasuk. Contoh: mencari nilai 1> maka hasil yang ditampilkan adalah 2, 4, 5, dan seterusnya.

d. >= : Hasil yang ditampilkan akan lebih besar daripada nilai yang ditulis pada kolom beserta nilai yang dicari. Contoh: mencari nilai 1>= maka hasil yang ditampilkan adalah 1, 2, 4, 5, dan seterusnya.

e. < : Hasil yang ditampilkan akan lebih kecil daripada nilai yang ditulis pada kolom, namun tidak termasuk nilai yang dicari. Contoh: mencari nilai 5< maka hasil yang ditampilkan adalah 4, 3 , 2, 1, dan seterusnya.

f. <= : Hasil yang ditampilkan akan lebih kecil daripada nilai yang ditulis pada kolom, kolom beserta nilai yang dicari. Contoh: mencari nilai 5< maka hasil yang ditampilkan adalah 5, 4, 3 , 2, 1, dan seterusnya.

$firstDoc['title']