Welcome to GEO MAPID

03/09/2020 • Bagus Darmawan

Selamat Datang di GEO MAPID!

Halo semua,

Saya Bagus Imam Darmawan, founder & CEO MAPID. Lewat dokumentasi ini, dengan senang hati saya ingin menjelaskan bagaimana penggunaan platform GEO MAPID. Namun sebelum itu, izinkan saya untuk menjelaskan latar belakang mengapa kami mengembangkan platform ini.

$firstDoc['title']

Data memegang peranan penting dalam kehidupan kita apalagi di era digital ini. Tanpa kita sadari, setiap harinya triliunan data diciptakan oleh manusia dan robot secara masif di seluruh dunia. Data yang jumlahnya sangat banyak tersebut sering kita sebut dengan BIG DATA. Sayangnya, seringkali kita tidak mengelola data tersebut dengan baik dan benar. Karena itu, masih banyak data yang tadinya berharga jadi terbuang sia-sia.

Secara perlahan, penyimpanan data yang tadinya dilakukan statis melalui komputer masing-masing sekarang sudah beralih melalui cloud. Dengan cloud computing, kita bisa mengakses data kita di mana saja dan kapan saja menggunakan berbagai perangkat seperti komputer dan smartphone. Selain itu, dengan adanya cloud computing, saat ini kita bisa berkolaborasi secara digital dengan siapa saja dan di mana saja.

Kembali ke platform GEO MAPID, produk ini kami kembangkan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan.

  1. Setiap hari, banyak data tercipta namun masih diolah secara parsial. Padahal, ketika berbagai macam data dapat disatukan dan diolah dengan baik, disitulah kita bisa mendapatkan nilai tambahnya dari kesatuan data tersebut 😔
  1. Banyak data yang seharusnya bermanfaat untuk banyak orang, tidak dapat diakses dengan mudah. Karena data-data itu tersimpan secara statis di komputer masing-masing. Ujung-ujungnya, hanya akan menjadi hilang dan terlupakan 😖
  1. Masih banyak keputusan yang dihasilkan belum berbasis data yang akurat. Lagi-lagi, kenapa? Kembali lagi ke masalah nomor 1 dan 2 😩
  1. Sekarang ini, manusia💪🏼 dan robot🦾 secara masif menciptakan data dari mana saja seperti yang ada di dalam media sosial dan smart home. Tapi kesulitan dalam mengolah data yang kita pikir sampah itu menjadi berharga 🙄

Nah, sampai sini kita mencapai satu kesimpulan yang dapat dikaitkan dengan semua data yang kita bahas di atas. Selama kita hidup di muka bumi 🌏 atau di planet lainnya🪐, semua data tersebut mayoritas memiliki informasi lokasi baik secara koordinat maupun wilayah. Data yang memiliki informasi lokasi ini yang kita sebut dengan DATA GEOSPASIAL.

Lantas, apa itu GEO MAPID?

GEO MAPID adalah platform peta berbasis cloud yang dapat kita gunakan secara kolaboratif untuk mengoleksi, mengintegrasi, memvisualisasi, dan menganalisis data geospasial.

GEO MAPID juga secara real-time terintegrasi dengan produk yang kami kembangkan lainnya seperti NOW MAPID, IOT MAPID, dan FORM MAPID. Penjelasan lebih lanjut mengenai cara penggunaan produk-produk ini bisa kamu cek pada link di bawah.

Link Dokumentasi IOT MAPID

IOT MAPID DOC

Link Dokumentasi NOW MAPID

NOW MAPID DOC

Link Dokumentasi FORM MAPID

FORM MAPID DOC

Oke, yuk, sekarang pelajari apa saja yang terdapat di dalam GEO MAPID!