Menggambar Peta (Drawing) - Polygon

20/10/2020 • Wahyu Ramadhan

$firstDoc['title']

Langkah-langkah untuk membuat fitur dengan jenis polygon di project peta Anda adalah sebagai berikut:

1. Klik New Layer. Kemudian isi nama dan deskripsi dari layer sesuai dengan preferensi Anda. Pilih Polygon sebagai tipe fiturnya. Anda dapat menentukan letak layer pada grup atau folder yang sebelumnya sudah Anda buat. Apabila Anda belum pernah membuat grup atau folder, maka opsi yang tersedia hanya Outside Groups. Jika semua kolom sudah terisi, klik Create Layer.

$firstDoc['title']

2. Ketika layer sudah berhasil dibuat, maka di bawah Side Menu akan muncul satu layer baru.

$firstDoc['title']

3. Mulai menggambar fitur dengan mengaktifkan Drawing Mode dengan mengklik tombol Edit di dalam bagian layer. Lalu, klik Line String Tool yang terletak di sisi kanan halaman peta sampai berwarna biru (aktif).

4. Setelah Drawing Mode aktif, maka bentuk kursor akan berubah menjadi tanda [ + ].

$firstDoc['title']

5. Arahkan kursor pada peta. Mulai gambar fitur polygon sesuai dengan area yang telah anda tentukan. Jika anda ingin mengubah bentuk dari polygon, maka klik satu kali pada suatu titik lalu pindahkan kursor ke arah lain. Setelah proses gambar dirasa selesai, arahkan kursor ke titik awal pembuatan polygon sampai bentuk kursor berubah menjadi bentuk tangan. Kemudian klik satu kali.

Apabila anda ingin menggambar polygon lain, maka klik kembali Polygon Tool dan ulangi langkah sebelumnya dan mulai menggambar luasan kembali.

$firstDoc['title']

Apabila Anda akan menghapus fitur polygon, pastikan tetap berada dalam mode editing. Seleksi fitur yang akan dihapus kemudian tekan Delete Tool yang berada pada sisi kanan halaman peta.

6. Selanjutnya, bagaimana jika Anda ingin mengubah bentuk dari polygon yang ada pada peta? Caranya adalah dengan tetap berada dalam Drawing Mode. Klik titik atau perpotongan garis yang ingin diubah, tahan lalu geser menuju posisi baru yang ditentukan.

$firstDoc['title']