Mengatur Peran dari Para Anggota Grup

21/10/2020 • Wahyu Ramadhan

$firstDoc['title']

Selain mengundang anggota ke dalam grup, Anda juga dapat mengatur peran (role) dari masing-masing anggota yang ada di dalam grup. Platform MAPID memliki empat jenis role yang dapat diterapkan yaitu Creator, Admin, Contributor dan Viewer. Setiap role didasarkan pada kemampuan anggota untuk berkontribusi dalam suatu project dengan penjelasan seperti di bawah ini:

  1. Creator: Super Admin yang pertama kali menciptakan grup atau project tersebut. Creator dapat melakukan semua segala fungsi pengaturan berkaitan pengguna dan data di dalam proyek peta tersebut.
  1. Admin : Peran ini dipilih oleh Creator untuk mengelola orang-orang yang terlibat dalam proyek peta tersebut. Admin dapat menambah orang yang berkontribusi terhadap pengumpulan data, menghapus member, menciptakan juga menghapus data, dan memperbarui data. Satu-satunya hal yang tidak bisa dilakukan Admin yakni menghapus grup.
  1. Contributor : Contributor diundang oleh Creator atau Admin ke dalam grup pemetaan dan dapat berkontribusi dalam melakukan pembuatan dan pengumpulan data.
  1. Viewer : Viewer tidak dapat membuat, menghapus, dan memperbarui data layaknya Super Admin atau seperti Contributor yang dapat melakukan pembuatan dan pengumpulan data. Viewer hanya memiliki otoritas untuk melihat sebuah project pemetaan.

$firstDoc['title']

Pembagian tindakan yang dapat dilakukan oleh masing-masing role dimuat ada pada tabel di bawah ini:

$firstDoc['title']