Peta Rawan Longsor Kota Bandung

14 Desember 2021

By: Nikmah Ramadani Fitri

Open Data

Peta Rawan Longsor Kota Bandung

Open Project

Peta Rawan Longsor Kota Bandung

Peta Rawan Longsor Kota Bandung

Peta Rawan Longsor Kota Bandung

  • Latar Belakang

Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah rawan longsor. Menurut Badan Penanggulangan Bencana, secara umum longsor disebabkan oleh dua faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor – faktor yang memperngaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Selain itu terdapt pula faktor lain seperti

  1. 1.
    Erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau hujan
  1. 2.
    Lereng dari bebatuan dan tanah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat
  1. 3.
    Gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng - lereng tersebut
  1. 4.
    Gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu – debu
  1. 5.
    Getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan – bahan peledak dan bahkan petir
  1. 6.
    Berat yang terlalu berlebihan, misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju

Setahun terakhir ini banyak bencana longsor yang terjadi di Kota Bandung. Salah satu daerah yang tingkat kerawanan longsornya tinggi adalah daerah Dago, sepanjang tahun 2021 sudah terjadi beberapa bencana longsor di daerah tersebut. Pada 2 November 2021 terjadi longsor pada tebing 10 meter di daerah Dago yang menyebabkan kerusakan yang parah pada beberapa rumah. Oleh karena itu perlu dilakukan pemetaan untuk tingkat kerawanan akan longsor di daerah ini.

Peta Rawan Longsor Kota Bandung

Sumber:

Longsor di Dago, Kota Bandung
  • Tujuan
  1. 1.
    Peta rawan longsor ini dapat menjadi mitigasi untuk bencana longsor di daerah Kota Bandung
  1. 2.
    Meminimalisir dampak bencana longsor di daerah Kota Bandung
  1. 3.
    Menjadi informasi tambahan bagi masyarakat sekitar atau pun pemerintah untuk dapat memperhatikan kembali daerah tersebut terutama ketika musim hujan

  • Metode Kerja

Tool yang digunakan dalam pembuatan peta ini adalah Arcgis 10.7. Parameter yang digunakan dalam pembuatan peta rawan longsor ini adalah:

1. Peta administrasi Kota Bandung

Sumber : Indonesia-geospasial.com

2. Data curah hujan (Oktober – November 2021)

Sumber : BMKG

3. SHP tutupan lahan Kota Bandung

Sumber : Indonesia-geospasial.com

4. SHP Lereng Kota Bandung

Sumber : Indonesia-geospasial.com

Tahpan dalam pembuatan peta ini yaitu dimulai proses input data ke tool arcmap pada arcgis, kemudian melakukan skoring dan pembobotan. Selanjutnya data data tersebut di overlay dan di intersect untuk menyatukan SHP.

Peta Rawan Longsor Kota Bandung

Peta rawan longsor ini menunjukkan daerah dengan tingkat kerawanan longsor masing - masing di Kota Bandung. Sebaran tingkat kerawanan longsor tersebar kedalam beberapa kategori pada titik titik tertentu di daerah Kota Bandung. Daerah yang paling rawan terhadap longsor ditunjukkan pada daerah dengan label angka 5 dan tingkat kerawanan longsor yang paling rendah ditunjukkan oleh angkat 1.

  • Kesimpulan

Berdasarkan peta tersebut, daerah dengan tingkat kerawanan yang tinggi berada di bagian utara kota Bandung. Selain itu dapat dilihat juga bahwa Kota Bandung merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan longsor yang sedang.

  • Saran

Adapun saran untuk pihak pemerintah dan masyarakat sekitar adalah memperhatikan kembali daerah – daerah yang memiliki tingkat rawan longsor yang tinggi. Selain itu perlu dilakukannya edukasi pencegahan atau mitigasi bencan longsor seperti hal – hal yang dilakukan sebelum bencana longsor menurut Badan Penanggulangan Bancana yaitu:

1. Waspada terhadap curah hujan yang tinggi
2. Persiapkan dukungan logistik
- Makanan siap saju dan minuman
- Lampu senter dan baterau cadangan
- Uang tunai secukupnya
- Obat – obat khusu sesuai pemakai
3. Simak informasi dari radio atau pun media lainnya mengenai informas hujan dan kemungkinan tanah longsor
4. Apabila pihak berwenang menginstruksikan untuk evakuasi, segera lakukan hal tersebut

Data Publikasi

Analisis Lokasi Potensial Pengembangan Usaha Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Makanan dan Minuman

31 Jul 2025

Muhammad Dwi Arfian

Analisis Lokasi Potensial Pengembangan Usaha Mie Ayam di Kota Yogyakarta

Eksplorasi persebaran titik eksisting tempat makan mie ayam dan melihat potensi peluang baru di tengah-tengah persaingan. Artikel ini menyajikan gambaran dan penjelasan singkat terkait bagaimana persebaran dan kepadatan titik eksisting tempat makan mie ayam di Kota Yogyakarta. Selain itu, juga melihat potensi peluang lokasi baru untuk pengembangan usaha mie ayam. Fitur INSIGHT dari GEO MAPID digunakan dalam proses analisis dalam artikel ini.

11 menit baca

47 dilihat

Rekomendasi Area Wisata Kuliner UMKM di Kota Wisata Cibubur dan Rute Praktis dengan LRT!

Makanan dan Minuman

31 Jul 2025

Adrien Arum

Rekomendasi Area Wisata Kuliner UMKM di Kota Wisata Cibubur dan Rute Praktis dengan LRT!

Menelusuri area zona emas kuliner di Kota Wisata Cibubur melalui pendekatan spasial. Artikel ini menyajikan analisis lokasi strategis UMKM kuliner rumahan dan rute praktis menuju kawasan dengan dukungan transportasi LRT.

9 menit baca

122 dilihat

3 Proyek

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Makanan dan Minuman

30 Jul 2025

Praba Syura

Analisis Potensi Pengembangan Kawasan Coffee Shop Baru di Kota Bandung

Eksplorasi potensi pengembangan coffee shop baru di Kota Bandung dengan analisis spasial menggunakan GeoMAPID, mengintegrasikan data penduduk dan aktivitas malam hari.

17 menit baca

127 dilihat

1 Proyek

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menggunakan Moda Transportasi Umum di Kota Makassar: Pendekatan Spasial terhadap Aksesibilitas Pendidikan

Transportasi

30 Jul 2025

Muhammad Dwi Apriansyah As

Analisis Keterjangkauan Sekolah Menggunakan Moda Transportasi Umum di Kota Makassar: Pendekatan Spasial terhadap Aksesibilitas Pendidikan

Kemacetan dan keterbatasan akses transportasi umum menjadi tantangan utama dalam mendukung aksesibilitas pendidikan di wilayah urban seperti Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterjangkauan fasilitas pendidikan menggunakan moda transportasi umum, khususnya Bus Rapid Transit (BRT) Trans Mamminasata dan angkutan kota pete-pete, dengan pendekatan spasial menggunakan metode isokron 15 menit berjalan kaki. Data yang digunakan mencakup sebaran sekolah, halte, rute transportasi umum, dan data demografi yang diolah secara spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 704 sekolah di Kota Makassar, sebanyak 608 sekolah (86,36%) telah terjangkau oleh transportasi umum dalam waktu tempuh 15 menit berjalan kaki. Selain itu, sekitar 84,29% penduduk Kota Makassar berada dalam jangkauan layanan transportasi umum. Namun, masih terdapat 10 kelurahan dengan keterjangkauan di bawah 50%, serta sebaran sekolah yang belum terlayani terutama di wilayah timur dan timur laut kota. Penelitian ini memberikan rekomendasi lokasi prioritas untuk pengembangan transportasi umum guna mendukung pemerataan akses pendidikan dan mewujudkan konsep Kota 15 Menit yang inklusif dan berkelanjutan.

15 menit baca

100 dilihat

1 Proyek

Syarat dan Ketentuan
Pendahuluan
  • MAPID adalah platform yang menyediakan layanan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk pengelolaan, visualisasi, dan analisis data geospasial.
  • Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Multi Areal Planing Indonesia, beralamat
  • mapid-ai-maskot